12+ Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing Pemasaran

Tidak sedikit orang mengeksplorasi keuntungan dari pemasaran internet. Namun ternyata itu tidak selalu menguntungkan. Ada kelebihan dan kekurangan internet marketing yang harus Anda ketahui sebelum terjun langsung.

Pada uraian selanjutnya akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan memanfaatkan pemasaran melalui internet. Namun sebelum itu, pahami apa itu internet marketing.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah proses promosi dan pemasaran produk melalui saluran digital.

Contoh internet marketing yaitu, email, konten, influencer, mesin pencari, media sosial, marketplace, dan situs web.

Seperti pemasaran offline, pemasaran online di internet juga menggunakan taktik dan strategi untuk menarik pelanggan. Namun di luar itu semua, selalu ada keuntungan dan kerugian yang harus siap dihadapi.

Baca Juga : Apa Itu Telemarketing dan Cara Jitu dalam Melakukannya

Kelebihan Internet Marketing

Berikut 12 kelebihan internet marketing:

  1. Akses Luas dan Global

The first advantages of internet marketing, akses yang sangat luas dan melintasi batas geografis. Karena internet memberikan jangkauan promosi tidak terbatas pada satu atau beberapa wilayah.

Itu artinya Anda dapat memasang iklan untuk dilihat oleh seluruh orang di dunia.

  1. Target Dapat Diatur

Melalui internet, sangat mudah menarik pelanggan sasaran yang membutuhkan apa yang Anda miliki. Terlebih lagi memiliki efek berkelanjutan serta kemampuan menangani klien dalam jumlah besar.

  1. Hasil Lebih Cepat

Dengan internet Anda menikmati sistem otomatis yang jauh lebih cepat. Dalam pemasaran digital, Anda tidak harus bertatap muka untuk membuat kesepakatan. Bahkan secara otomatis Anda dapat melihat aktivitas pemasaran Anda.

  1. Hasil Nyata dan Patut Diperhitungkan

Internet marketing tergolong sangat efektif, karena dapat menjangkau pelanggan secara maksimal. Memberikan kepastian pengiriman layanan yang cepat dan aman. Pertumbuhan lebih cepat dan mempengaruhi keuntungan.

  1. Biaya Promosi Relatif Rendah

Internet marketing untuk pemula sangatlah mendukung. Karena Anda tidak perlu berinvestasi dalam jumlah tinggi, bahkan tanpa modal. Menariknya, jika dioptimalkan, kampanye pemasaran digital bisa memiliki jangka waktu panjang.

  1. Terhubung dengan Pelanggan Secara Real Time

Dalam internet marketing, Anda dapat melakukan promosi secara personal. Ini memudahkan Anda menyempurnakan dan mengoptimalkan strategi marketin. Bahkan Anda dapat melakukan tindak lanjut pemasaran dengan pelanggan melalui email.

  1. Feedback Instan

Di internet, pelanggan bisa langsung memberikan umpan balik terhadap produk yang diterima. Saat pelanggan puas dengan produk Anda dan memberikan ulasan positif, ini akan memancing kepercayaan dari banyak calon pelanggan.

  1. Media Komunikasi

Di internet, ada komunikasi yang efektif antara pengusaha dan pelanggan potensial sehingga dapat diandalkan. Selain produk dan layanan yang ditawarkan, komunikasi yang baik sangat mempengaruhi ketertarikan pelanggan.

  1. Persaingan Terorganisir

Beriklan di internet tidak seperti beriklan di dunia nyata. Setiap pemilik website memiliki aturan terhadap iklan yang akan ditayangkan. Bahkan di marketplace, ada kategori tertentu untuk memudahkan pengunjung mencari produk.

  1. Hemat Waktu

Manfaat internet marketing yang sangat dirasakan banyak orang, yaitu efisiensi waktu. Cukup dengan koneksi internet, Anda dapat memberikan semua informasi terkait produk atau jasa Anda.

  1. Tanpa Batas Waktu

Secara online, Anda dapat melayani pelanggan dalam 24 jam, dan itu artinya ada peningkatan penjualan dan keuntungan. Anda harus memahami bahwa kecepatan respon sangat mempengaruhi pemasaran Anda.

Baca Juga : Pengertian Segmentasi Pasar, Prosedur, dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Kekurangan Internet Marketing

Ternyata, di balik banyaknya kelebihan internet marketing, ada beberapa kekurangan yang harus Anda tahu.

Berikut beberapa kekurangan pemasaran dengan internet:

  1. Biaya Awal Tinggi

Saat Anda memutuskan membangun website atau mengiklankan produk atau jasa di mesin pencari, ini tidak murah. Kecuali, jika Anda bisa melakukan semuanya sendiri.

Akan tetapi, apabila usaha Anda maksimal, akan lebih banyak orang mengenal eksistensi usaha yang Anda kembangkan.

  1. Persaingan Ketat

Banyaknya pengusaha yang terjun dan menekuni pemasaran digital, Anda berada dalam persaingan yang sangat besar. Internet marketing strategi memang sangat diperlukan supaya usaha Anda lebih menarik bagi pelanggan.

Jadi, tidak ada waktu bagi Anda untuk terus konsisten tanpa berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

  1. Iklan Mudah Diabaikan

Iklan yang tampil di layar tidak selalu sesuai dengan harapan pelanggan. Bahkan terkadang penayangan iklan hadir di waktu yang tidak tepat.

Setiap pelanggan memiliki seleranya sendiri, jadi tidak semua produk yang dicari akan sesuai dengan yang diinginkan. Parahnya lagi jika iklan kurang diminati, ada kerugian besar yang harus Anda persiapkan.

  1. Mempertaruhkan Kreatifitas

Ketatnya persaingan dalam pemasaran online, menuntut Anda lebih menguasai digital marketing. Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi serta kemampuan menciptakan iklan serta produk yang berbeda dari yang sudah ada.

Saat tidak ada kelebihan dan hal menarik dari yang Anda tawarkan, sulit bagi calon pelanggan melihat produk Anda.

  1. Reputasi Dipertaruhkan

Media sosial adalah tempat bagi banyak orang menyuarakan kata hati mereka. Saat Anda menggunakan marketplace, pelanggan dengan mudah membuat ulasan dan memberikan penilaian.

Kecenderungan orang menulis ulasan negatif sangat besar dan ini dapat mempengaruhi reputasi usaha Anda.

  1. Tidak Menjangkau Pelanggan Offline

Sebagian pengguna internet tidak selalu melakukan pembelian melalui online. Terlebih tidak sedikit dari mereka yang kurang memahami cara mencari dan mendapatkan produk yang diinginkan di internet.

Ketidakhadiran pengguna internet menjadi salah satu faktor penjualan online kurang efektif.

  1. Kurangnya Pengetahuan Penggunaan Internet

Bagi orang yang buta huruf dan orang tua di daerah pedesaan sangatlah tidak memungkinkan belajar internet marketing. Bahkan sebagian tidak dapat mengakses internet dan tidak memahami penggunaan teknologi terkini.

  1. Rentan Penipuan

Melakukan pemasaran di internet, artinya Anda menjangkau pelanggan secara global. Itulah mengapa sangat rentan terhadap penyalahgunaan sampai peretasan karena keamanan dan privasi Anda tidak terjamin.

  1. Tidak Ada Sentuhan Langsung dengan Pelanggan

Dalam internet marketing, sangat sulit membangun hubungan dengan pelanggan karena tidak ada interaksi langsung saat bertransaksi. Itu sebabnya, Anda harus mengambil langkah cerdas untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

  1. Perubahan Perdagangan

This is the disadvantages of internet marketing, perubahan dan perkembangan pemasaran online. Maka strategi pemasaran yang Anda gunakan sekarang belum tentu efektif di masa mendatang.

Untuk itu sangat diperlukan bagi Anda untuk terus berinovasi dan mengikuti alur perubahan.

  1. Rentan Kesalahan Teknis

Pemasaran digital sangat bergantung pada internet dan alat teknologi modern. Anda tahu, tidak menutup kemungkinan terjadinya error atau masalah jaringan dan itu sangat berisiko.

Maka dari itu, Anda harus pandai meminimalkan kesalahan yang bisa berakibat pada ketidakpuasan pelanggan.

  1. Rentan Manipulasi

Praktek manipulasi sepertinya sudah bukan hal asing, khususnya di Indonesia. Memang sangat mudah dan menguntungkan bagi pihak plagiat, terutama memanipulasi produk iklan tanpa hak milik.

Bahkan tidak jarang, pihak plagiat memiliki jauh lebih banyak pelanggan dan peminat dari pada memiliki sesungguhnya.Dengan memahami setiap kelebihan dan kekurangan internet marketing, Anda lebih tahu apa yang harus dilakukan. Anda punya kesempatan menyiasati kekurangan dengan sejuta cara dan memanfaatkan kelebihan dengan maksimal.

Kata Kunci Pencarian
kekurangan pemasaran online language:id

Leave a Reply

Your email address will not be published.