Bisnis Mudah Hasil Menjanjikan, Ini Kelebihan Menjadi Dropshipper, cara menjadi dropshipper, apa itu dropshipper, arti dari dropshipper

Memulai bisnis tanpa modal memang terkesan seperti mencurigakan, namun sebelum anda skeptic, mungkin bisnis yang dimaksud tersebut adalah dropship. Bisnis dropship memang membuka kesempatan yang luas bagi anda untuk bisa menjalankan bisnis dengan modal koneksi internet saja. Meski tanpa modal nyatanya banyak orang yang sukses menjalankan bisnis dropship ini

Apa itu dropship?

Dropship sendiri merupakan model bisnis digital yang kini sedang popular. Model bisnis dropshipmelibatkan dropshipper atau pihak ketiga sebagaiperantara yang menejmbatani hubungan penjual dengan pembeli.

Meski sekilas bisnis dropship hampir mirip dengan resseler, namun keduanya tetap memiliki perbedaan. Untuk menjalankan bisnis dropshipper anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung stok barang-barang yang dijual. Selain itu seorang dropshipper juga tidak perlumengemas dan mengirimkan barang ke alamat pembeli.

Jadi peran dropshipper disini hanya sebagai orang yang mempromosikan produk saja. Dan jika ada pembeli yang tertarik, maka yang bekerja adalah penjual. Untuk keuntungan yang bisa didapatkan oleh dropshipper berasal dari selisih harga yang ditawarkan penjual atau produsen dengan harga jual yang diberikan pada konsumen. Selain tanpa modal sama sekali, bisnis dropshipper juga dapat dijalankan oleh siap saja, baik ibu rumah tangga,pelajar hingga karyawan.

Ide bisnis dropship paling laris di pasaran

Saat akan memulai bisnis sebagai dropshipper, anda mungkin merasa bingung dalam memilih satu jenis produk. Meski begitu hal tersebut seharusnya bukan menjadi suatu masalah yang serius. Berikut beberapa ide bisnis dropship yang bisa anda jalankan:

  1. Perlengkapan rumah tangga
    Berbagai kebutuhan rumah tangga seperti dekorasi rumah, alat makan hingga alat memasak juga dapat menjadi ide bisnis dropship yang menguntungkan. Biasanya produk semacam ini diproduksi secara missal, sehingga anda perlu lebih cermat dalam memilihnya. Termasuk dalam memilih  supplier yang menawarkan harga miring.
    Pada umumnya para konsumen juga tidak terlalu memperhatikan merk, sehinga anda tidak perlu mengeluarkan banyak inovasi branding dalam menjalankan bisnis dropship ini. Berbeda  halnya jika anda memilih bisnis kecantikan ataupun pakaian.
  2. Aksesoris gadget
    Ide bisnis dropship yang tidak kalah strategis selanjutnya adalah menjual aksesoris gadget. Banyak orang lebih memilih membeli aksesoris gadget secara online dibandingkan membelinya di toko. Karena materialnya sudah dipastikan sama dan kegunaannya juga spesifik, jadi kemungkinan salah pun sangat kecil.
    Dalam menjalankan bisnis ini, anda harus pintar-pintar dalam memilih produk yang menarik. Selain itu, penting untuk memastikan adanya mekanisme pengembalian jika barang ada yang cacat. Sebab beberapa produk seperti mouse, earphone hingga flashdisk sangat rawan rusak.
  3. Produk perlengkapan bayi
    Meskipun terdengar remeh, namun anda jangan salah sangka terlebih dahulu. Permintaan konsumen terhadap produk perlengkapan bayi tidak pernah menurun. Bahkan di tahun 2017 saja, nilai perputaran produk mencapai angka 88,1 trilyun dan diprediksi akan terus meningkat pada setiap tahunnya.
  4. Kosmetik dan skincare
    Pasar kosmetik serta skincare memang tidak pernah ada habisnya. Hampir semua perempuan rela menginvestasikan uang yang dimiliki untuk bisa tampil cantik dan menarik dengan kosmetik serta skincare. Banyaknya jenis-jenis produk baru yang muncul juga membuatnya tidak pernah kehilangan peminat di pasar.
    Jika anda banyak memahami tentang segmen pasar ini, ada baiknya jika menjadikannya sebagai ide bisnis dropship.Kemampuan dalam memprediksi tern kecantikan serta mencari produk asli akan sangat bermanfaat dalam bisnis ini.
  5. Pakaian dan aksesoris
    Pakaian, tas, jam tangan serta aksesoris lainnya juga menjadi ide bisnis yang tidak pernah sepi peminat. Saking luasnya segmen pasar yang bisa dijangkau, anda perlu menargetkan calon konsumen yang spesifik. Misalnya anda ingin menjual pakaian serta aksesoris untuk target pasar dengan usia mulai remaja hingga dewasa.
    Meski anda bisa memilih target pasar sesuai dengan yang diinginkan, namun sebaiknya jauh lebih baik jika anda menyesuaikannya dengan diri sendiri. Jika anda masih muda cobalah untuk menjual barang-barang seusia anda. Hal ini akan memudahkan anda dalam mengenali tren serta mengetahui psikologi dari setiap calon pembeli.

Tips memulai bisnis dropship

Setelah anda menentukan jenis produk apa yang nantinya akan dijadikan bisnis dropship. Selanjutnya anda harus belajar tentang bagaimana memulai dan membangun bisnis dropship tersebut. Setidaknya terdapat 5 tips yang perlu anda ketahui sebelum menjalankan bisnis dropship:

  1. Melakukan survey supplier
    Seperti yang telah diketahui bahwa memilih supplier untuk bisnis dropship memang susah-susah gamoang. Disini anda harus memiliki kesabaran serta ketelitian dalam melakukan survey dan menentukan mana supplier –yang paling tepat.
    Peran supplier akan sangat menentukan  bagaimana perjalanan bisnis doropship online anda kedepannya. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam memilih supplier diantaranya reputasi supplier, opsi pembayaran, kualitas keaslian dan variasi, harga jual produk dan masih banyak lagi.
  2. Tentukan marketplace yang akan digunakan
    Cara termmudah yang bisa anda lakukan untuk berbisnis dropshipper adalah berjualan melalui marketplace. Pada umumnya marketplace online telah memiliki basic pelanggan yang jelas. Selain itu banyak penawaran promo menarik  yang dapat membantu bisnis anda agar lebih mudah ditemukan konsumen.
    Anda bisa memilih salah satu atau beberapa dari sekian banyak marketplace yang ada di Indonesia. Beberapa yang paling direkomendasikan adalah Tokopedia, Shopee, lazada hingga bukalapk. Apapun marketplace yang anda pilih nantinya tidak akan menjadi masalah, sebab pada umumnya marketplace tersebut memiliki sitem dropship yang sama.
  3. Bangun brand dan lakukan promosi
    Brand merupakan investasi yang bisa anda gunakan untuk terus mendapatkan banyak pelanggan. Dengan tampilan brand yang menarik dan tetap professional, maka reputasi bisnis anda akan semakin meningkat. Dan dalam jangka panjang, keuntungan yang bisa didapatkan pun juga lebih banyak. terlebih jika anda mampu mengisi kekurangan dari para competitor yang lainnya.
    Untuk memahami prinsip dalam membangun brand anda bisa mempelajari tentang digital marketing. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk memaksimalkan bisnis. Denngan strategi marketing yang tepat, maka bisnis anda akan lebih mudah dikenal banyak orang.
  4. Gunakan aplikasi pendukung
    Saat berbisnis online terdapat banyak hal teknis yang bisa dilibatkan. Berbisnis dropship artinya anda perlu memasukkan banyak produk dan data barang ke dalam marketplace. Bayangkan saja jika anda harus melakukannya secara one by one, tentu akan sangat melelahkan bukan?
    Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak developer menawarkan solusi atas permasalahn tersebut. Anda bisa menggunakan software yang dapat mengunggah puluhan hingga ratusan foto produk hanya dalam beberapa kali klik saja.

Model bisnis dropship memang memberikan peluang yang sangat lebar bagi siapa saja yang ingin merintis usaha sendiri. Di zaman modern ini bukan hal yang mustahil lagi memulai bisnis tanpa membuatuhkan modal. jadi tunggu apalagi, ayo bangun bisnismu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.