Source : bisnismuda.id

Memiliki bisnis sukses diusia muda merupakan impian banyak orang. Untuk mencapai hal itu, diperlukan kerja keras dan rasa tidak mudah putus asa yang tinggi. Hanya orang-orang yang mampu bekerja keras yang dapat mencapai kesuksesan berbisnis diusia muda.

Di zaman yang serba modern ini, tidak menutup kemungkinan bagi para remaja untuk merintis sebuah bisnis. Segala pengetahuan dapat dicari dan tersedia di internet serta media social. Dengan fasilitas tersebut, para remaja seharusnya dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk membuat usaha.

Berikut ini merupakan beberapa bisnis yang dapat dirintis sejak usia remaja:

  1. Jualan online

Source : panduanim.com

Saat ini sedang marak penjualan secara online melalui ecommerce. Hal ini dapat digunakan sebagai ide bisnis tanpa mengeluarkan banyak modal yang cocok untuk remaja. 

Kamu dapat memulainya dengan menjadi dropshipper, yaitu melakukan penjualan produk dari supplier tanpa perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Terlebih dahulu, carilah target pasar yang kamu tuju, kemudian mulailah untuk mencoba bisnis online.

  • Bertani

Source : bincangsyariah.com

Bertani juga salah satu kegiatan yang cocok untuk dijadikan bisnis bagi para remaja. Jika biasanya untuk melakukan kegiatan pertanian memerlukan lahan yang luas, kini hal tersebut juga dapat dilakukan bahkan dilingkungan rumah sekalipun.

Saat ini teknologi pertanian sudah banyak bermunculan. Bagi kamu para remaja yang melek teknologi, dapat mencarinya pada jurnal, internet, media social, dan lain sebagainya.

Contoh usaha pertanian yang dapat dilakukan remaja adalah bertani secara hidroponik.

Bertani hidroponik tidak memerlukan banyak lahan dan dapat dilakukan dilingkungan rumah. Hasil dari pertanian tersebut dapat dipasarkan dan menghasilkan income yang menjanjikan.

  • Jasa pengerjaan tugas

Source : penaindo.com

Karena padatnya jadwal, kita kadang seringkali lupa mengerjakan tugas yang mepet deadline. Hal ini dapat menjadi peluang usaha bagi para remaja karena tidak membutuhkan banyak modal. Ide bisnis ini adalah membuka jasa pengerjaan tugas yang dibandrol dengan harga tertentu.

Buat kamu yang ingin mencoba ide bisnis ini, kamu dapat memulainya dengan melakukan promosi. Saat kamu mendapatkan pelanggan, lakukan pengerjaan tugas dengan teliti dan benar agar pelanggan senang dan ingin menggunakan jasamu lagi.

  • Bimbel privat

Source : plcpekanbaru.com

Jika kamu merasa memiliki kemampuan akademik yang tinggi, kamu bisa melakukan ide bisnis jasa bimbel privat. Membuat bimbingan belajar untuk anak SD dan TK menjadi ide bisnis yang berpeluang besar bagi remaja. Selain dapat berbagi ilmu dengan orang lain, bisnis ini dapat memberikan income yang lumayan.

  • Desain grafis

Source : medium.com

Pekerjaan sebagai desain grafis banyak dicari orang saat ini. Buat kamu yang mempunyai keahlian dalam bidang desain grafis, tidak ada salahnya mencoba hal ini sebagai peluang bisnis. Untuk mengasah skill desainmu, kamu dapat mencari referensi dari berbagai sumber di internet.

  • Penjualan makanan ringan

Source : harapanrakyat.com

Bisnis makanan ringan dapat menjadi peluang usaha bagi para remaja. Bagi kamu yang ingin mencoba bisnis ini, terlebih dahulu carilah makanan yang banyak disukai di tempatmu. Terlebih lagi jika kamu mempunyai keahlian dalam memasak. Manfaatkan hal itu sebagai peluang bisnis yang bisa menambah pendapatan.

  • Blogger

Source: blogger.com

Salah satu ide bisnis anak muda yang saat ini sedang banyak digandrungi adalah menjadi blogger. Hanya bermodalkan kreativitas dan laptop, kamu bisat mendapatkan penghasilan besar dari kegiatan tersebut.

Itulah beberapa bisnis yang dapat dilakukan sejak remaja. Selain menambah pengalaman, beberapa bisnis diatas jika dilakukan dengan terus-menerus akan menghasilkan income yang menjanjikan. Saat remaja adalah saat-saat paling akrab bersama teman. Manfaatkan relasi tersebut untuk memasarkan bisnismu.

Strategi Promosi Bisnis Sederhana Untuk Remaja

Untuk mengenalkan bisnis kepada banyak orang, kita perlu melakukan kegiatan promosi. Strategi promosi tersebut bisa dilakukan melalui pamflet, endorser, barang kemasan, dan lain sebagainya. Namun hal itu memerlukan banyak biaya, apalagi bagi remaja yang baru merintis bisnisnya.

Berikut ini merupakan strategi promosi bisnis low budget untuk remaja yang sedang merintis bisnis:

  • Media social

Manfaatkan media social untuk mempromosikan bisnismu. Buat gambar dan keterangan yang baik agar menarik minat pembeli. Jangan pernah melakukan spam atau mengunggah gambar secara beruntun. Hal tersebut dapat membuat followers media social tidak nyaman.

  • Stiker

Stiker dapat menjadi media promosi yang low budget. Kamu dapat menempelkannya pada barang yang kamu tawarkan. Sertakan deskripsi menarik tentang barang yang ditawarkan, akun media social dan nomor yang dapat dihubungi.

  • Mulut ke mulut

Media promosi selanjutnya adalah dari mulut ke mulut. Ketika bertemu dengan banyak orang,kamu dapat membicarakan tentang usahamu. Mereka yang tertarik akan langsung membeli produkmu.

  • Kerja sama

Strategi promosi selanjutnya adalah melakukan kerja sama dengan orang lain. Kamu dapat memasarkan produk dengan cara menitipkannya di warung-warung terdekat. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh para penjual untuk memasarkan bisnisnya.

Jika kamu menjualnya seharga 5000 rupiah, warung dapat menjualnya diatas harga yang kamu tetapkan. Dengan begitu, kamu dan penjual warung akan sama-sama untung.

Itulah beberapa strategi promosi yang dapat kamu lakukan. Lakukan kegiatan diatas secara konsisten agar angka penjualan naik setiap harinya. Meskipun dengan biaya yang rendah, kamu tetap bisa melakukan kegiatan promosi dengan baik. Selamat mencoba!

Mengelola Keuangan dari Hasil Bisnis

Problem yang sering dialami remaja saat melakukan bisnis adalah tidak bisa mengelola keungan dengan baik. Karena belum terbiasa memegang banyak uang, mereka malah sibuk membelanjakan hasil bisnisnya untuk hal yang tidak bermanfaat.

Memang tidak ada salahnya membelanjakan uang dari hasil bisnis kita. Namun apabila hal itu dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kerugian dan yang paling parah adalah kegagalan bisnis. Untuk kamu yang sering melakukan hal diatas, kamu perlu melakukan tips berikut ini:

  • Catat semua biaya bisnis

Hal penting yang harus kamu lakukan adalah dengan mencatat semua biaya bisnis. Biaya ini meliputi biaya bahan, peralatan, hasil penjualan, dan lainnya. Dengan mencatat semua biaya bisnis, kamu dapat mengetahui berapa jumlah income kamu.

  • Membuat proyeksi keuangan

Agar uang dapat dimanfaatkan dengan baik, kamu perlu membuat proyeksi keuangan. Kamu bisa membuat rencana pengeluaran dalam beberapa waktu kedepan. Hal ini dapat memudahkan dalam mengantisipasi adanya pengeluaran yang tiak perlu.

  • Menyisihkan uang untuk ditabung

Agar uang yang didapat tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak perlu, kamu dapat menyisihkan sebagian hasil bisnismu untuk ditabung. Tabungan ini dapat berguna untuk mengembangkan bisnis maupun untuk kepentingan lain. Tentukan jumlah uang yang akan kamu gunakan untuk keperluan pribadi dan sisanya dapat dimasukkan kedalam tabungan.
Nah, itulah beberapa cara mengatur keuangan bisnis untuk remaja yang masih suka menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak perlu. Dengan melakukan hal diatas, bisnismu dapat berjalan dengan baik dan uang tabungan tetap aman.

Kata Kunci Pencarian
Bisnis Yang Dapat Dirintis Sejak Remaja ,Belajar Bernisnis Diusia Muda,Kesuksesan Berbisnis Diusia Muda ,Sukses Berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.