Membangun Bisnis Online Saat Pandemi untuk Pemula

Adanya pandemic COVID-19 di tanah air memang membuat banyak karyawan terpukul. Pasalnya, gejolak ekonomi yang terjadi membuat banyak pengusaha mau tidak mau memberhentikan para karyawannya. Jika pekerjaan sudah tidak ada, maka sudah bisa dipastikan angka pengangguran semakin meningkat. Oleh karena itu daripada bengong di rumah menangisi pekerjaan yang tidak kunjung datang, yuk simak ulasan menarik mengenai cara mudah membangun bisnis online saat pandemi.

Baca Juga : Panduan Marketing Online Paling Lengkap Bagi Pemula

Cara Membangun Awal Bisnis Online Saat Pandemi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Pandemic COVID-19 mau tidak mau meningkatkan banyak pengangguran di tanah air mengingat bisnis-bisnis dari yang besar hingga apalagi yang kecil banyak yang collaps. Apalagi di masa sekarang ini setelah lebih dari setahun pandemic terjadi, banyak pembatasan-pembatasan yang dibuat sehingga para pedagang sulit bergerak. Imbasnya, banyak usaha yang tutup mengingat tidak banyak lagi pundi-pundi uang yang dihasilkan.

Nah, jika kamu adalah salah satu dari yang terdampak efek COVID-19, maka tidak perlu bersedih hati. Mulailah bangun kembali kehidupan dan rejekimu dengan berjualan online. Bisnis ini memang tidak membutuhkan modal, tapi rupanya penghasilannya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Daripada penasaran, yuk simak bagaimana sih cara membangun bisnis online saat pandemi di ulasan di bawah ini, yakni :

  • Melek Teknologi

Pertama, kamu bisa membangun awal bisnis onlinemu dengan sifat melek teknologi. Maksudnya, kamu harus menguasai internet yang mana menjadi tempat jual-beli bisnis online terjadi. Jika kamu sama sekali sejak awal belum memahaminya, tidak perlu cemas. Cukup buka youtube dan pahami secara perlahan sebelum kamu secara langsung terjun dalam bisnis online yang akan kamu rintis.

  • Pahami Sistem E-Commerce

Kedua, kamu bisa membangun awal bisnis onlinemu dengan memahami dulu sistem e-commerce. Ada banyak sekali e-commerce yang bisa kamu pilih untuk pelajari dimana Sistem antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya pasti berbeda. Oleh karena itu, kamu harus memahami dulu masing-masing sistemnya sebelum kamu mencoba untuk memodifikasi lapak jualan onlinemu dengan berbagai macam atribut, contohnya banner toko.

  • Bisnis Dropship Lebih Murah

Ketiga, kamu bisa membangun awal bisnis onlinemu dengan mencoba sistem dropship. Sistem jualan ini banyak dipilih oleh pebisnis online pemula karena tanpa modal, tidak ribet, dan dapat menjangkau banyak konsumen. Ketika kamu menjadi dropshipper, kamu wajib memilih supplier yang fast response, memiliki banyak produk dalam 1 toko, dan juga menerima resi otomatis dimana resi ini banyak digunakan dalam sistem e-commerce saat ini.

  • Posting Iklan di Social Media

Keempat, kamu bisa membangun awal bisnis onlinemu dengan memposting iklan di social media. Memang jika menyangkut platform satu ini, kreativitas dalam menciptakan konten menarik sangat dibutuhkan, mulai dari foto, video, hingga caption. Selain itu, ada beragam fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk iklan jualanmu pada sosmed, salah satunya adalah fitur ads. Mudah dan murah bukan?

  • Kerjasama dengan Ekspedisi

Terakhir, kamu bisa membangun awal bisnis onlinemu dengan bekerjasama bersama ekspedisi pengiriman. Ketika kamu memutuskan untuk berjualan online, sudah pasti kamu setiap harinya akan bersinggungan dengan yang namanya sistem ekspedisi. Oleh karena itu, silahkan pelajari apa saja sistem pengiriman dalam ekspedisi yang sering dipilih konsumen dan tidak lupa, jalin kerjasama dengan mereka. Biasanya, kamu pun akan mendapat bonus berupa cashback ketika jumlah pengirimanmu sudah melampaui target.

Bagaimana? Sudah jelas bukan apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis online saat pandemi? Apa informasi di atas masih kurang? Jika iya, yuk simak informasi lanjutan mengenai macam-macam ide bisnis online yang bisa kamu pilih untuk isian lapak jualanmu.  

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Marketing Bisnis Online

Macam-Macam Ide Bisnis Online

Sekarang ini, ada banyak pelaku usaha di masa pandemic yang berlomba-lomba melariskan jualan mereka. Memang, tidak dapat dipungkiri bisnis online di masa ini berkembang pesat mengingat ada banyak sekali orang yang memilih untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal mendesak. Nah, sebagai pelaku usaha, tentunya kamu harus memanfaatkan ide bisnis ini untuk meningkatkan usaha onlinemu. Kira-kira apa saja ya ide bisnis online saat pandemi?

  • Jual Fashion

Pertama, kamu bisa memilih berjualan fashion untuk bisnis onlinemu, mulai dari baju, celana, outwear, dan lain sebagainya. Pilih fashion yang paling diminati oleh pangsa pasarmu. Misalnya saja pasarmu adalah pecinta fashion Korea, maka silahkan menjual macam-macam fashion yang imut seperti kebanyakan fashion negeri Ginseng tersebut.

Tentunya, ide ini dapat terealisasi ketika kamu dapat menemukan supplier yang mampu menyetok barangmu dengan lancar. Pasalnya seperti yang kita tahu, perputaran bisnis online sangat cepat dan bisa-bisa kamu tidak kebagian jika tidak update.

  • Jual Ala-Alat Kesehatan

Kedua, kamu bisa memilih berjualan alat-alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, desinfektan, dan lain sebagainya. Jualan ini sangat bermanfaat untuk konsumen dan sudah pasti akan dicari setiap saat mengingat di masa pandemic, barang-barang kesehatan ini sangat dibutuhkan kehadirannya. Namun ingat, berjualan alat-alat kesehatan harus sewajarnya alias tidak mencari untung terlalu berlebihan. Mengingat, alat-alat ini juga merupakan penyambung kehidupan yang mana tidak etis rasanya jika dijual dengan harga gila-gilaan dari harga sebenarnya.

  • Jual Beli Barang Vintage

Ketiga, kamu bisa memilih berjualan barang-barang vintage untuk bisnis onlinemu. Ada banyak pecinta barang kuno yang sering berburu mainan-mainan tradisional, jajan jadul, hingga macam-macam barang vintage lainnya melalui lapak jualan online. Nah, silahkan manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk membangun bisnis onlinemu. Tidak lupa, beri promosi dan konten yang menarik pada social mediamu guna menjaring lebih banyak konsumen.

  • Jual Sembako

Keempat, kamu bisa memilih berjualan sembako untuk bisnis onlinemu. Di tengah masa pandemic, tentunya orang-orang memilih diam di rumah daripada pergi ke luar untuk hal berbelanja. Oleh karena itu, posting berbagai macam sembako pada lapak jualanmu agar customermu tidak perlu mencari di tempat lain untuk berbelanja dan cukup di lapakmu saja.

  • Pet Care

Terakhir, kamu bisa memilih berjualan pet care untuk bisnis onlinemu. Di Indonesia ini, ada banyak sekali orang yang memelihara anjing dan kucing sebagai hewan kesayangan. Tentunya di masa pandemic, mereka juga malas keluar untuk mencari berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan mereka dan lebih memilih membeli online. Nah, manfaatkan ini dengan berjualan berbagai macam makanan hewan peliharaan, sabun mandi, sisir hewan, dan lain sebagainya untuk mendulang rupiah.

Baca Juga : Berjualan di Instagram Bagi Pemula Agar Ramai Pembeli

Demikian ulasan mengenai cara mudah membangun bisnis online saat pandemi. Memang cukup susah jika kamu baru mulai hendak berjualan mengingat kamu adalah pemain baru dan tentunya belum memiliki pelanggan. Namun tidak perlu khawatir, setiap ada usaha maka disitu ada jalan yang bisa kamu lalui untuk berhasil. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat menjadi referensimu dalam membangun bisnis. Selamat mencoba!

Kata Kunci Pencarian
ide jualan online di masa pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published.