Memulai bisnis skincare menguntungkan karena peluang besar yang dimilikinya. Akan tetapi dengan peluang besar ini, kemunculan pesaing juga tidak bisa dihindari. Terbukti bahwa saat ini ada sangat banyak brand skincare baru yang muncul bukan? Bahkan mungkin kamu sendiri juga sedang memperjuangkan brand kamu untuk bisa menang dalam persaingan.

Mengatasi Banyaknya Kompetisi Di Bisnis Skincare

Yup! Siapa pun ingin menang dalam persaingan agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Bagi kamu yang sedang memulai bisnis skincare dan ingin terlihat menonjol dibandingkan dengan pesaing kamu, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Buat konten pemasaran yang menarik

Sebuah konsep desain yang baik akan membuat cara komunikasi bisnis kamu menjadi lebih menarik. Ada banyak hal yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan daya tarik dari konsep desain bisnis kamu. Salah satunya adalah dengan menggunakan packing. kamu bisa menggunakan desain packing yang unik agar bisa meningkatkan efektivitas penyampaian pesan bisnis kamu.

Tunjukkan hasil penggunaan dari produk kamu

ketika kita bicara mengenai komunikasi dan promosi dari sebuah skincare brand, salah satu cara terbaik untuk menonjol adalah dengan menunjukkan kekuatan produk kamu. untuk menunjukkan kekuatan produk kamu, kamu bisa memberikan informasi mengenai hasil penggunaan produk kamu. Hal ini akan membuat produk kamu lebih dipercaya.

salah satu produk yang bisa dicontoh mengenai cara pemasaran ini adalah Some by Mi. Some by Mi menggunakan gaya pengiklanan dan berhasil meyakinkan konsumennya dalam waktu singkat. Dalam waktu singkat juga brand ini berhasil mendapatkan kepercayaan dari konsumen terutama konsumen di Indonesia.

Untuk menggunakan strategi ini, kamu bisa menggunakan challenge untuk menyebarkan informasi mengenai kemampuan produk kamu. selain dapat kamu jadikan konten, challange ini juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pamor dan publik recognition terhadap brand dan produk kamu. jangan lupa untuk memberikan hadiah atau bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan daya tarik challenge itu sendiri.

Cari ide dan ikuti tren bisnis di luar bisnis kosmetik

Ada sangat banyak sekali perusahaan skincare yang bisa kamu temukan saat ini. Hal ini seringkali menyebabkan banyak skincare brand yang mengalami kesulitan menemukan hal baru. makin banyak kompetitor, maka inovasi akan terasa membosankan bagi konsumen.

Hal ini disebabkan karena ide produk yang satu mungkin sama dengan ide produk lain dari kompetitor. Untuk menghindari hal ini, salah satu cara untuk membuat produk dan brand skincare kamu lebih menonjol adalah dengan mengikuti tren dari industri lain.

mengapa menggunakan tren industri lain? Hal ini digunakan untuk meningkatkan jangkauan inovasi untuk produk skincare kamu. Kamu juga bisa mengikuti industri lain yang ada di luar bisnis skincare dan mengambil inspirasi dari bisnis tersebut. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat brand skincare dengan inovasi yang beda dan unik dibanding dengan kompetitor.

Mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang dihubungkan dengan brand dan produk

Saat ini konsumen menggunakan banyak sekali pertimbangan untuk membeli sebuah produk. Penyebabnya adalah karena banyaknya pelaku bisnis sehingga mereka ingin mencari apa yang berbeda dan apa yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal inilah yang menyebabkan kamu harus memutar otak guna meningkatkan value dari produk kamu.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan value ini. salah satunya adalah dengan memasukkan kegiatan sosial dalam kampanye produk kamu. Salah satu contohnya adalah dengan menyumbangkan sebagian keuntungan dari pembelian produk untuk kegiatan amal.

misalnya kamu bisa menyumbangkan setiap Rp 10.000 untuk kegiatan amal seperti penggalangan dana atau yayasan dan lembaga yang membutuhkan bantuan finansial. hal ini akan sangat menarik bagi konsumen yang memiliki jiwa sosial tinggi. Akhirnya mereka mungkin akan lebih memilih produk dari brand kamu dibanding dengan produk brand kompetitor.

Meningkatkan layanan customer service

Seperti disebutkan sebelumnya, banyaknya kompetitor membuat produk-produk skincare yang ada di pasaran menjadi semakin mirip dan kurang unik. Oleh karena itu, sebagai salah satu kompetitor di bidang skincare akan lebih baik jika kamu mulai mencari keunikan dari brand kamu. Salah satunya keunikan dan nilai lebih yang bisa kamu gunakan adalah mengenai customer service.

mengapa customer service? Hal ini disebabkan karena belakangan ini, customer service menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis yang sangat kuat untuk menarik perhatian konsumen. Banyak perusahaan yang bahkan kehilangan konsumen mereka hanya karena customer service yang buruk lho!

Customer service dapat membantu kamu untuk menjaga konsumen bahkan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Hal ini membuat customer service dapat membantu perusahaan kamu mendapatkan lebih banyak konsumen loyal dan bahkan bantuan pemasaran dari mulut ke mulut.

Seperti yang kita tahu, salah satu ukuran dari kepercayaan konsumen dan sosial pada brand kamu adalah ketika seseorang merekomendasikan produk kepada orang terdekatnya. Makin banyak orang yang merekomendasikan produk kamu pada orang lain, akan membuat bisnis skincare kamu menjadi lebih tepercaya.

Menggunakan Instagram untuk meningkatkan daya tarik produk dan brand

Instagram merupakan salah satu platform yang sangat menarik bagi pebisnis pemula. Hampir 90% brand skincare menggunakan platform ini untuk pemasaran. Hal ini disebabkan karena hampir 1/3 dari pengguna Instagram melakukan pembelian dengan perangkat mobil yang.

bukan hanya itu, saat ini Instagram sendiri juga telah membangun e-commerce pribadinya sehingga membuat konsumen menjadi lebih mudah ketika akan membeli produk. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan memanfaatkan Instagram sebaik mungkin, berikut ini adalah beberapa tip yang bisa kamu ikuti.

  • Buat konten yang Instagramable dan menarik secara visual. Jika kamu memang tidak memiliki bujet yang sesuai untuk membangun pengiklanan kamu sendiri kamu bisa bekerja sama dengan konten kreator yang berhubungan dengan memulai bisnis skincare.
  • mempublikasikan hasil penggunaan produk dari orang-orang yang tepercaya. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai efektivitas penggunaan produk kamu.
  • Bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan keterikatan konsumen terhadap bisnis kamu.
  • Menggunakan fitur e-commerce dari Instagram.
  • Melakukan analisis terhadap hashtag populer dan strategi Instagram yang lainnya.
  • Menceritakan mengenai perjalanan bisnis green skincare kamu.
  • Membagikan tip trik dan tutorial.
  • Membagikan informasi penting dari konsumen.
  • Memberikan giveaway dari produk yang akan kamu rasakan.
  • Berkolaborasi dengan organisasi yang sesuai dengan kamu.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada akhirnya ketika kamu berjuang untuk mendapatkan perhatian di market yang kompetitif, sangat penting bagi kamu untuk menjadi pusat perhatian di tengah kompetitor kamu. Sangat penting untuk belajar menjadi perbedaan menjadi unik di tengah kompetisi tersebut.

Selain itu sangat penting juga untuk mengikuti dinamika pasar, menemukan trend baru dan mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang presenter. jangan pernah khawatir terhadap pembatasan karena pembatasan bisa jadi salah satu cara untuk menemukan inovasi dan keunikan baru untuk produk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.