Panduan Marketing Online Paling Lengkap Bagi Pemula

Panduan Marketing Online Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, marketing online merupakan keahlian penting yang harus dimiliki, terutama dalam mengembangkan sebuah usaha atau bisnis. Saat ini hampir semua pelaku usaha dituntut bisa menjangkau para konsumen secara online. Agar bisa berkompetisi dalam persaingan bisnis tersebut membuat banyak para pebisnis melakukan upaya-upaya marketing yang dilakukan dengan sistem online.

Pengertian marketing online

Panduan Marketing online sendiri merupakan teknik pemasaran usaha atau bisnis dengan memanfaatkan platform online. Tujuan teknik pemasaran ini yaitu untuk menawarkan layanan bisnis ataupun produk serta menyampaikan kesan dari citra bisnis kepada calon-calonkonsumen yang dianggap paling potensial. Adapun media marketing online yang banyak dipakai dalam teknik ini sangat beragam. Mulai dari SEO (Search Engine Optimization), kemudian email marketing, PPC (Pay Per Click), dan juga memanfaatkan aplikasi sosial media.

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal Paling Menguntungkan

Keunggulan marketing online

Beberapa orang terutama para pengusaha atau pebisnis pemula, marketing merupakan hal yang masih asing. Namun kenyataannya, saat ini marketing online adalah teknik pemasaran yangdianggap paling efektif dalam memberikan hasil maksimal. Disamping itu marketing online menawarkan lebi banyak keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan teknik marketing secara offline. Lalu apa saja keunggulan dari digital marketing online? Berikut diantaranya.

  • Efektif dan jauh lebih murah

Teknik marketing secara konvensial seperti memasang iklan di TV, baliho atau billboard memang cenderung lebih mahal, terlebih untuk pelaku bisnis jenis UMKM. Dengan menggunakan teknik marketing online tentunya akan menghemat jumlah biaya marketing yang dianggarkan. Selain itu hasil yang diperoleh juga sama, bahkan bisa saja jauh lebih efektif.

Dari sebuah survey yang pernah dilakukan, para pelaku UMKM dapat menghemat anggaran biaya marketing sampai 40 persen dengan menerapkan marketing online melalui platform digital.

  • Bisa digunakan secara mudah oleh siapa saja

Selain dapat digunakan secara mudah, teknik marketing online juga bisa dimanfaatkan untuk perusahaan dengan berbagai skala. Baik itu perusahaan berskala besar, usaha dengan skala menengah ataupun berskala kecil.

Jenis-jenis skala usaha tersebut dapat menggunakannya karena alat-alat yang dibutuhkan dalam melakukan marketing online sangat mudah didapatkan oleh siapapun. Hanya dengan berbekal computer atau leptop dengan koneksi internet yang stabil, kamu langsung bisa menerapkan strategi marketing menggunakan media online ini untuk keperluan bisnis.

  • Target pengunjung yang lebih detail

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki teknik pemasaran menggunakan media online yakni lebih mudah menargetkan pengunjung atau audiens dengan sangat mendetail. Teknik marketing secara online mampu mengelompokkan semua data-data yang diperlukan dari setiap pengunjung. Mulai dari gender atau jenis kelamin, usia, hobi, lokasi dan masih banyak lagi.

Data-data tersebut nantinya akan mempermudah kamu dalam menentukan tujuan pasar dengan akurasi yang paling relevan dengan upaya digital marketing online yang ingin dicapai.

  • Meningkatkan keuntungan secara cepat

Marketing online, tidak hanya dapat mengurangi jumlah biaya pemasaran, teknik ini juga dipercaya dapat meningkatkan keuntungan bisnis secara cepat, bahkan dinilai sangat efektif. Menurut perolehan laporan yang didapatkan dari Google, para pelaku usaha maupun bisnis yang telah menggunakan media marketing online sebagai salah cara pemasaran bisnis berhasil meningkatkan revenue yang jauh lebih tinggi sebanyak 2.8. Hasil ini tentunya jauh lebih besar jika dibandingkan mereka hanya menggunakan teknik marketing secara konvensional saja.

  • Cocok digunakan oleh masyarakat smartphone

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kebutuhan akan penggunaan smartphone sangatlah tinggi. Bahkan bisa dikatakan setiap orang di dunia pasti memiliki smartphone. Tak terkecuali di Indonesia yang menjadi salah satu negara pemakai smatphone dengan jumlah yang tinggi.

Setidaknya, sekitar 44% pengguna layanan internet menggunakan perangkat mobile untuk mengaksesnya. Dengan menggunakan perangkat mobile smartphone ini juga memudahkan kamu dalam menjangkau para konsumen guna mengembangkan bisnis.

Baca Juga : Strategi Marketing Bisnis Menggunakan Facebook Ads

Panduan marketing online bagi pemula

Layaknya marketing dengan sistem konvensional, teknik pemasaran online juga memerlukan adanya strategi. Hal ini diperlukan agar nantinya kamu dapat memperoleh hasil konsumen potensial yang efektif. Berikut beberapa strategi yang perlu kamu terapkan dalam melakukan marketing online:

  • Membuat halaman web/website

Website merupakan dasar utama yang harus dibuat untuk menjalankan semua usaha-usaha marketing. Website disini bisa dikatakan menjadi toko online di dunia maya, sama engan toko atau kios fisik di dunia nyata. Lewat website semua trafik data para konsumen potensial akan tertampung, mulai dari media sosial hingga dari email.

Disini kamu dapat menampilkan berbagai macam informasi bisnis, mulai dari deskripsi tentang produk, cara penngirima yang disediakan, berapa harga produk, serta sampai syarat dan ketentuan website.Segala transaksi yang dilakukan melalui website juga lebih aman serta mudah dievaluasi.

  • Gunakan SEO (Secarch Engine Optimization) untuk meningkatkan traffic

Saat ini Google menjadi sumber informasi paling utama yang banyak digunakan para pengguna smartphone untuk mendapatkan beragam produk secara online. Setidaknya lebih dari 81% orang pasti melakukan riset lewat Google terlebih dahulu sebelum membeli produk.

Hal tersebut berarti bisnis yang kamu kelola akan lebih mudah ditemukan lewat mesin pencarian Google. Website sendiri akan jauh lebih mudah ditemukan consume melalui laman pencarian dengan mengunakan teknik SEO. Namun dalam untuk mendapatkan hasil melalui SEO juga membutuhkan waktu, oleh karena itu kamu juga harus sabar.

  • Gunakan SEM (Search Engine Marketing)

Disamping menggunakan SEO, kamu juga disarankan untuk menggunakan SEM (Search Engine Marketing) demi keberhasilan marketing online yang dilakukan. Berbeda halnya dengan SEO yang membutuhkan waktu relatif lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Melalui SEM website kamu dapat muncul di laman awal hasil pencarian dalam kurun waktu yang relatif cepat.

  • Memanfaatkan email marketing

Teknik pemasaran online selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan email marketing. Email marketing merupakan pengiriman pesan secara komersial  layaknya pesan email newsletter. Meski sebagian orang menganggap jika email ini berpotensi mengganggu karena menjadi spam. Nyatanya, setiap tahun pengguna dari email marketing terus  saja meningkat

Dalam sebuah survey yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa email marketing mampu memberikan hasil yang efektif daripada menggunakan Twitter ataupun Facebook. Adapun faktor yang memungkinkan tingginya efektifitas email marketing disebabkan karena para pebisnis menjangkau konsumen lewat pesan yang sifatnya personal.

  • Menggunakan sosial media

Disamping mempermudah agar setiap orang tetap terhubung sengan lainnya, media sosial juga menjadi salah satu tempat yang terbukti cocok untuk melakukan marketing bisnis secara online. Mengingat bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah user aktif berbagai media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Ini tentu bisa kamu manfaatkan sebagai ladang untuk meningkatkan traffic penjualan produk bisnis.

Baca Juga : Strategi Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Namun untuk bisa meningkatkan traffic penjualan secara maksimal, terlebih dahulu kamu harus menyusun strategi marketing. Selain itu, kamu juga harus melakukan riset untuk bisa memperoleh target konsumen pasar yang relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.