strategi facebook ads

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, promosi secara online lewat media sosial memang dianggap lebih efektif dibandingkan dengan promosi offline atau konvensional. Promosi dengan sistem online dinilai mampu menjaring banyak konsumen karena jangkauannya yang luas. Salah satu strategi marketing online yang paling banyak diminati sebagai tempat untuk beriklan adalah Facebook Ads / Bisnis Facebook Ads.

Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang dimiliki platform media sosial facebook. Platform ini juga menjadi salah satu platform yang paling popular  dan banyak dgunakan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Para pengguna facebook percaya bahwa menggunakan Facebook Ads bisa menampilkan iklan kepada para audiens berdasarkan demografinya.

Keuntungan menggunakan facebook ads

Demografi yang dimiliki Facebook Ads mencakup beberapa hal penting terkait tujuan yang akan dijangkau pasar. Mulai dari umur, pendidikan, pekerjaan, jenis kelamin dan masih banyak lagi. Bahkan bisa dikatakan jika dengan menggunakan iklan Facebook Ads, kamu bisa menentukan jenis konsumen yang lebih tertarget secara mudah dan tepat sasaran. Berikut keuntungan lainnya dengan jika menggunakan Facebook Ads sebagai salah satu strategi marketing:

  1. Meningkatkan branding

Awalnya Facebook memang diciptakan untuk  membangun jaringan pertemanan, mengingat Facebook tidak memiliki batasan wilayah tertentu. Sehingga jangkauan pertemanan yang mampu dicakup Facebook bisa ke berbagai negara yang ada di dunia. orang yang tinggal di ujung selatan pun bisa berinteraksi dengan orang ujung utara secara mudah hanya menggunakan Facebook.

Baca Juga : Berjualan di Instagram Bagi Pemula Agar Ramai Pembeli

Seiring dengan berjalannya waktu fitur-fitur yang dimiliki facebook semakin lengkap, sehingga kini facebook  juga dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah usaha atau brand melalui iklan. Baik itu dalam bentuk produk maupun jasa. Dengan menggunakan Facebook Ads, produk yang kamu jual akan mudah dikenal banyak orang dari berbagai wilayah.

  • Bisa menggunakan video atau gambar

Sebuah iklan di Facebook Ads akan lebih menarik jika berisikan konten-konten yang unik dan kreatif, sehingga akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Konton yang kamu buat untuk promosi tersebut bisa berupa video, gambar, suara ataupun lainnya.

Selain itu, lewat iklan yang ditampilkan akan membuat orang semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut produk yang dijual. Bahkan mereka juga ddapat mengundang dan membagikan langsung iklan tersebut kepada pengguna Facebook lain dalam jaringan pertemanan mereka.

  • Iklan lebih tertarget

Keuntungan menggunakan strategi marketing Facebook Ads selanjutnya yakni iklan menjadi lebih tertarget. Kamu bisa melakukan pengaturan secara mandiri terkait  konsumen yang akan diinginkan berdasarkan  data. Mulai dari pekerjaan, jenis kelamin, minat, hingga hobi. Denngan pengaturan pangsa pasar yang jelas, potensi untuk bisa mendapatkan konsumen yang tertarget pun akan lebih besar.

  • Iklan bisa disesuaikan dengan budget

Facebook Ads merupakan iklan berbayar dimana orang yang akan menggunakannya harus menngetahui terlebih dahulu bagaimana proses pembayaran dan lain sebagainya. Meskipun Facebook Ads dianggap lebih efektif dalam beriklan, kamu tetap harus menganalisis dan memastikan terlebih dahulu berapa besar dana yang dimiliki saat ini untuk memasang iklan tersebut.

Untuk tarif pemasangan iklan di Facebook Ads sendiri cukuplah terjangkau. Meski kamu hanya memiliki dana terbatas, namun dapat melakukan pengaturan  yang tepat bukan hal mustahil target pasar yang dibidik bisa tepat sasaran.

  • Membangun komunitas jualan

Keuntungan terakhir yang bisa didapatkan dengan menggunakan Facebook Ads adalah kamu dapat membangun komunitas sebagai wadah untuk promosi dan jualan. Facebook juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan kamu mambangun sebuah komunitas.

Kelola komunitas tersebut dengan baik dan terus jaring member baru lewat pemasangan iklan. Kamu juga dapat menggunakan komunitas ini sebagai wadah untuk berjualan  dan menjallin interaksi bersama penjual maupun konsumen lain  yang lebih solid

Trik meningkatkan penjualan bisnis lewat Facebook Ads

Bisa diperkirakan bahwa saat ini pengguna aktif dari platform Facebook sudah lebih dari sekitar 1,18 miliar, mulai dari pelajar, mahasiswa, CEO hingga perusahaan. Karena banyaknya komunitas yang bisa ditemukan di Facebook, maka promosi  untuk tujuan marketing pun tidak selalu mudah. Nah, disini kamu dapat memanfaatkan Facebook Ads melalui optimasi iklan yang dapat membantu menghemat biaya promosi. Berikut trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis melaluai Facebook Ads:

Baca Juga : Strategi Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Contohnya
  1. Iklan multi-produk
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menampilkan beberapa gambar sekaligus dalam satu iklan. Para audiens dapat menelususri gambar dengan cara meng-klik setiap tautan dari produk yang kamu pasang. Selain produk kamu juga dapat mempromosikan beberapa hal lain, seperti e-books, webinar, blog dan masih banyak lagi.
  2. Menggunakan Facebook video Ads
    Menampilkan video dalam new Feed milik user juga menjadi cara yang paling praktis untuk dibandingkan hanya memposting status datar yang kuranng menarik perhatian. Kamu tidak ingin melewatkan banyaknya pengguna yang menonton video di Facebook setiap harinya kan? Oleh sebab itu, buatlah beberapa jenis iklan yangberbeda dan menarik sehingga bisa membawa keuntungan pada perkembangan bisnis anda.
    Sebelum membuat, sebaiknya pahami terlebih dahulu persyaratan iklan video  yang ditentukan oleh Facebook, mulai dari durasi hingga ukuran video. Namun, meski Facebook tidak terlalu membatasi berapa durasi video yang akan dibuat, sebaiknya buatlah video iklan yang singkat tapi tetap mengena.
  3. Ajakan call to action khusus
    Ini merupakan salah satu fitur terbaik selanjutnya yang dimiliki Facebook. Melalui call to action, Facebook sudah dapat membantu kamu untuk melakukan panggilan secara personal.
    Caranya yakni pilih di bagian ‘Text and Links” kemudian kamu akan diminta untuk memilih beberapa drop down action, seperti sign up, learn more, shop now dan lain sebagainya. Disini kamu juga dapat memasukkan pengaturan dari call to action sesuai engan yang diinginkan.
  4. Retargeting Ads
    Dalam fitur ini, sebagai pemasang iklan kamu dapat mempromosikan iklan yang dibuat kepada orang yang lebih spesifik dan sudah diidentifikasi sebelumnya. Pengiklan juga dapat mengiklankan produknya ke pelanggan atau daftar prospek dengan mengunggah daftar alamat yang telah  disediakan ke power editor guna membuat custom audience.
    Kamu bisa menargetkan iklan berdasarkan usia, status, penghasilan, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Melalui penargetan ini, kamu bisa mendapatkan pelanggan potensial yang lebih pasti, mudah dan banyak.
  5. Menggunakan facebook ‘offer’
    Memang tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti menyukai penawaran-penawaran menarik seperti diskon atau potongan harga. para pelanggan juga cenderung mengklik iklan yang kamu buat ketika terlihat ada diskon di dalamnya. Jika strategi yang dilakukan ini berhasil menjual produk dengan kuantitas yang cukup banyak, maka kamu bisa membuat space iklan khusus untuk produk-produk potongan harga.
    Hal menarik yang bisa didapatkan dari sistem diskon ini, calon pembeli tidak harus meninggalkan laman facebook untuk bisa mendapatkan penawaran tersebut. Calon pelanggan juga dapat mengetahui dengan mudah berapa banyak oranng yang telah meng-klaim diskon yang kamu tawarkan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.