Temukan Bisnis Online Modal Kecil dalam 5 Produk Ini Yuk!

Tidak bisa dipungkiri, di tahun yang telah melewati masa Generasi Z ini, bisnis online merajai berbagai sektor ekonomi. Tak ayal, bahkan sekarang produsen besar pun memiliki banyak official store di berbagai lapak e-commerce di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa bisnis online sangat menggiurkan. Nah, kamu yang juga ingin ikutan, yuk simak 5 produk menarik untuk bisnis online modal kecil di artikel berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Online Modal Kecil

Jika kita berbicara mengenai bisnis online, sudah pasti yang ada di pikiran kita adalah barang yang lebih murah dari toko offline dengan kualitas yang sama. Bahkan, tak jarang promo-promo yang diberikan oleh e-commerce membuat harga produk menjadi jauh lebih murah lagi. Tak ayal, kini pedagang offline banyak yang banting stir menjajakan jualan mereka di lapak online. Di dalam bisnis online, kamu bisa menemukan banyak pelapak dari Sabang sampai Merauke yang menjual berbagai kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Dengan kata lain, belanja online menjadi sebuah cara konsumen saat ini untuk memenuhi kebutuhan mereka dan tidak hanya menjadi sekedar tren yang hilang ditelan zaman. Nah, daripada kamu berdiam diri di rumah dan menjadi seorang konsumen saja, lebih baik bergabung dalam bisnis ini menjadi seorang pelapak. Lalu, bagaimana ya caranya membangun bisnis online modal kecil untuk pemula?

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal Paling Menguntungkan
  1. Kenali Nilai Jual Produk
    Pertama, kamu harus mengenali apa sih yang menjadi nilai jual produkmu. Memang sepele, namun ternyata inilah yang menjadi kunci kamu dapat bersaing dengan kompetitor. Jika kamu bahkan tidak memahami apa sih kelebihan produk / lapakmu, maka kamu besar kemungkinan tidak dapat survive di tengah persaingan ketat para pelaku bisnis online. Seperti yang kita tahu, ada banyak lapak yang menawarkan harga yang lebih murah, kualitas yang lebih bagus, waktu kemas lebih cepat, dan lain sebagainya yang menjadi trik marketing mereka.
  2. Pelajari Data Konsumen
    Kedua, kamu bisa mulai memahami konsumen dengan mempelajari data mereka. Pastinya, setiap ada konsumen yang berbelanja di tokomu, mereka akan meninggalkan data. Sebut saja nama, daerah, dan barang yang dibeli. Tidak perlu tertalu rumit dalam memetakan konsumen, cukup bagi menjadi kelompok data untuk membuat promosi berdasarkan ketertarikan mereka. Apalagi sekarang ini banyak e-commerce yang menciptakan promo baik di high season ataupun low season.
  3. Aktif di Sosmed
    Ketiga, kamu bisa mencoba berpromosi secara aktif di sosial media. Sejalan dengan perkembangan bisnis online yang mana sangat gencar dilakukan di internet, sosial media layaknya menjadi penghubung antara konsumen dan produsen. Pasalnya, banyak promosi dilakukan di sosmed oleh para pebisnis online, apalagi mereka yang terjun di bisnis online modal kecil. Baru ketika pelanggan sudah mengenal lapak lebih dekat dan tertarik, mereka akan berpindah ke e-commerce tempatmu berjualan.
  4. Manfaatkan Promosi Mulut ke Mulut
    Salah satu jenis promosi ini memang tak pernah lekang oleh waktu hingga kapanpun. Apalagi sekarang ini orang-orang lebih aktif bersosialisasi, entah itu di acara reuni, arisan, atau lainnya. Biasanya, mereka akan membawa percakapan seperti lapak-lapak recommended untuk membeli barang-barang yang mereka pakai. Oleh karena itu, beri service sebaik mungkin kepada pelanggan agar mereka secara tidak langsung mau melakukan promosi mouth to mouth untuk tokomu.
  5. Pakai Fitur Ads
    Terakhir, kamu bisa juga menggunakan fitur ads yang ditawarkan oleh sosial media. Fitur ini jelas berbayar, namun manfaatnya memang dapat dirasakan. Pasalnya, fitur ads dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial yang ada di sosial media dan menggiring mereka untuk berbelanja di lapakmu. Namun tentunya, dalam beriklan kamu juga harus mempersiapkan segala hal semaksimal mungkin sehingga tidak akan mengalami boncos alias rugi.

5 Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Kamu Pilih

Setelah mempelajari berbagai macam tips memulai bisnis online modal kecil di atas, kini saatnya kita membahas mengenai apa saja sih 5 jenis bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai pembuka rejeki di lapak online ini. Sebelum menentukannya, yuk kenali dulu rekomendasi-rekomendasi bisnis tersebut di bawah ini. Check this out!

  1. Makanan Kemasan
    Pertama, rekomendasi bisnis online dengan modal yang sangat kecil bisa kamu temukan di bisnis makanan kemasan, contohnya snack repacking. Seperti yang kita tahu, makanan selalu menjadi hal yang lekat dalam kehidupan sehari-hari karena pada dasarnya manusia butuh energi. Namun rasanya tidak mungkin jika kita menjual makanan basah dalam bisnis online mengingat jangkauannya bisa sampai ke luar pulau dengan waktu kirim berhari-hari. Oleh karena itu, menjual makanan kemasan dirasa menjadi bisnis terbaik dalam bidang kuliner yang bermodal kecil.
  2. Pakaian
    Kedua, rekomendasi bisnis online dengan modal yang sangat kecil bisa kamu temukan di bisnis pakaian. Jika kamu mengikuti tren di sosmed, tentunya kamu paham dengan istilah OOTD alias Outfit of the Day. Lantaran sekarang banyak anak muda yang mengikuti tren ini, maka tidak ayal menjual pakaian menjadi lading bisnis menggiurkan. Tidak perlu pakaian bermerek, malah kamu akan lebih laris menjual pakaian-pakaian murah namun berkualitas dengan model yang unik.
  3. Aksesories
    Ketiga, rekomendasi bisnis online dengan modal yang sangat kecil bisa kamu temukan di bisnis aksesories. Kamu bisa memulainya dengan aksesories murah seperti ikat rambut, karet rambut, jepit rambut, bandana, dan lain sebagainya. Ada banyak produk murah yang bisa kamu beli untuk stok. Bahkan jika kamu tidak berani untuk melakukan stok di rumah, kamu bisa menggunakan sistem dropship yang sama sekali tidak memerlukan modal.
  4. Produk Herbal
    Keempat, rekomendasi bisnis online dengan modal yang sangat kecil bisa kamu temukan di bisnis produk herbal. Mengingat sekarang ini kondisi pandemic sama sekali belum berakhir, maka produk-produk herbal seperti racikan jamu, madu, dan lain sebagainya yang dapat menambah imun sudah pasti menjadi incaran konsumen. Jika kamu tidak tahu dimana mencari suppliernya, tenang. Ada banyak produsen utama produk herbal yang kini membuka sistem reseller dimana sudah pasti ada harga miring untuk kamu.
  5. Produk Kecantikan
    Terakhir, rekomendasi bisnis online dengan modal yang sangat kecil bisa kamu temukan di bisnis produk kecantikan. Wanita dan dunianya memang sudah tidak diragukan lagi dalam menjadi target bisnis ini, namun uniknya sekarang pria juga ikutan lho. Jadi, tidak hanya wanita saja yang mencari skincare, kini banyak pria yang memperhatikan kesehatan kulit mereka. Nah, manfaatkanlah momen ini untukmu berjualan online produk kecantikan.
Baca Juga : Mengatasi Banyaknya Kompetisi Di Bisnis Skincare

Demikian ulasan mengenai 5 produk menarik untuk bisnis online modal kecil yang mudah-mudahan bisa menjadi referensimu dalam memulai usaha. Tidak bisa dipungkiri, bisnis online sudah menjadi raja dari berbagai macam jenis bisnis di tanah air karena kemudahan dan kecepatannya. Konsumen tidak perlu pergi kemanapun untuk berbelanja, apalagi semua barang sudah tersedia disana. Jadi, selamat mencoba menjadi salah satu incaran pelanggan setanah air dan semoga bisnismu berkembang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.