Tips dan Trik Psikologi Marketing dalam Penjualan
Tips dan Trik Psikologi Marketing

Setiap penjual tentu saja ingin produk yang dijual dapat laku keras di pasaran. Untuk mempengaruhi semua konsumen membeli produk kita, tentu saja dibutuhkan psikologi marketing. Jika belum memahaminya pada kesempatan ini akan kita bahas apa saja yang menyangkut tentang psikologi tersebut beberapa tips dan trik psikologi marketing dalam penjualan.

Psikologi marketing merupakan sebuah ilmu marketing yang selalu digunakan para pebisnis untuk menjalankan produknya. Sehingga dari penerapan ilmu marketing itu akan lebih mudah untuk mengetahui psikologi pelanggan ketika akan membeli sebuah produk. Ada unsur emosi sampai dasar tertentu dari para pelanggan tentang barang yang diinginkannya.

Memahami sepenuhnya tentang psikologi dalam ilmu dagang, kamu langsung akan bisa memahami strategi mana yang terbaik untuk memasarkan serta mempengaruhi mereka untuk membeli produk tersebut. Sehingga pada akhirnya para konsumen secara tidak langsung menolak produk lain dan membeli produk kamu.

Lantas bagaimana cara paling sederhana untuk menerapkan psikologi tersebut? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam penjualan.

Baca Juga : Strategi Marketing Bisnis Menggunakan Facebook Ads

Tips dan Trik Psikologi Marketing dalam Penjualan

Psikologi marketing bisa dikatakan sukses jika sudah menghasilkan profit besar dari hasil penjualan barang ataupun jasa dan banyaknya konsumen. Beberapa tips untuk meningkatkan penjualan antara lain:

  • Membangkitkan Emosi Konsumen

Saat membeli produk pastinya kamu pernah merasakan bersemangat karena sesuai keinginan. Emosi merupakan penentu tidaknya seseorang dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Pertimbangan untuk menentukan pembelian barang biasanya berdasarkan spesifikasi, inginan dan fungsinya.

Untuk itu hal yang dibutuhkan adalah tentang bagaimana barang yang disajikan bisa memberikan rasa senang, puas dan nyaman kepada calon konsumen. Jadi ketika menggunakan produk yang sedang kamu jual, konsumen tidak akan pernah memilih produk lain untuk kedepannya. Spesifikasi yang terus terjaga buka menjadi salah satu yang dicari sebagian besar konsumen yang ingin memakai dalam jangka waktu lama. lain contoh psikologi marketing

  • Memperlihatkan Kesan ke Calon Konsumen

Selanjutnya adalah memberikan kesan kepada calon konsumen jika produk tersebut Memang terbaik salah satu psikologi marketing. Langkah yang harus dicoba adalah memperlihatkan kepada calon konsumen jika penjualan kamu memang tidak dijual bebas. Selain itu beberapa barang yang tersedia memang banyak dicari orang.

Banyak sekali konsumen yang melihat beberapa toko memang menyedia sejumlah produk yang paling disukai. Sedangkan produk tersebut dalam beberapa waktu habis dan dicari banyak orang. Kekuatan sosial ini akan membangkitkan rasa penasaran kepada calon pembeli.

Selain itu buatlah jika produk ataupun jasa memang pembelinya sedang mencari barang yang saat ini sulit dibeli. Rasa penasaran inilah yang akan membangkitkan keinginan calon konsumen untuk melihat spesifikasi produk tersebut. Sehingga apabila produk yang ditambah barang tersebut masih dicari oleh mereka.

  • Berikan Kesan Heboh

Buatlah kesan dengan menggunakan frasa jangan lewatkan produk ini atau pesan lain yang memungkinkan calon pembeli merasa penasaran. Suatu saat semua orang akan menunggu produk tersebut kembali beredar di pasaran. Itulah mengapa banyak sekali produk yang sebenarnya diproduksi banyak tetapi masih diminati oleh calon konsumen.

Sejumlah kampanye untuk menarik perhatian misalnya kupon diskon, flash sale, dan lain sebagainya akan semakin meyakinkan konsumen untuk tepat waktu datang untuk membeli. Konsumen juga akan semakin cepat mengambil tindakan untuk tidak melewatkan produk atau barang yang diinginkannya.

  • Gunakan Teknik Resiprokal

Resiprokal merupakan sebuah psikologi yang secara tidak langsung mengundang kembali konsumen untuk datang kepada kamu. Misalnya ketika datang ke sebuah toko terdapat sejumlah sampel produk yang bisa didapatkan gratis. Sampel yang sudah diberikan tersebut akan menggugah rasa ingin kesana lagi.

Jumlah penawaran produk yang tidak diberikan pihak lain juga bisa menarik perhatian calon konsumen. Bisa aja tentang beberapa produk dengan diskon pembelian ataupun beli satu gratis satu. Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat rekan bisnis menjadi setia membeli produk kamu.

Trik Psikologi Marketing Terbaik Saat Ini

Untuk mendapatkan gambaran tips dan trik psikologi strategi marketing dalam penjualan tentunya kamu juga harus melihat bagaimana sebuah produk diperkenalkan dan laku keras di pasaran. Sejumlah trik khusus yang sudah dijalankan sebagian besar produsen bisa menjadi acuan paling mudah dan tepat. Trik yang bisa kamu coba antara lain:

  • Pakai Angka 9 dalam Harga Produk

Kamu tentu saja pernah melihat harga produk atau barang dengan tampilan harga Rp xx.999 bukan? Akan ada pemikiran tentang harga murah pada produk tersebut karena tidak sampai Rp15.000. Dan pada akhirnya banyak yang membelinya.

Trik tersebut memang begitu bagus dan sudah banyak digunakan sejauh ini. Terdapat dua harga dengan selisih nilai nominal berbeda tetapi mampu menarik keinginan calon konsumen. Jika dilihat secara teliti, sebenarnya kisaran selisih harga hanya sedikit saja.

  • Membandingkan Harga Awal dan Diskon

Sebagian besar calon konsumen pasti akan tertarik membeli produk maupun barang dengan diskon tertentu. Trik yang bisa digunakan yaitu membandingkan antara harga awal dan harga setelah mendapatkan diskon. Pelanggan pun akan tertarik karena adanya penurunan harga dari tulisan yang telah ditampilkan.

  • Menyediakan Opsi Harga

Ilmu marketing berikutnya yaitu menampilkan opsi harga dari produk maupun barang yang ditawarkan. Setidaknya ada tiga objek harga berbeda pada sebuah produk yang sama. Caranya adalah menuliskan 3 harga dalam produk yang sama tetapi memiliki ukuran yang berbeda. Selisih harga tersebut akan membuat konsumen berpikir untuk membeli kisaran harga yang terjangkau sesuai kemampuannya.

  • Diskon ke Pelanggan Khusus

Trik diskon juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan sebuah produk dengan trik khusus kepada pelanggan tertentu. Sejumlah konsumen potensial yang selalu membeli produk menjadi salah satu itu salah sasaran yang harus diutamakan. Dengan begitu banyaknya order yang sudah mereka jalankan tidak akan membuat mereka beralih ke penjual lain meski nilainya sama.

  • Berikan Kesan Produk Langka

Psikologi marketing yang juga efektif digunakan adalah memberikan kesan jika produk kamu jual jumlahnya sangat terbatas. Apabila ingin membeli produk tersebut sudah pasti pikiran calon konsumen adalah mendapatkan barang tersebut secara cepat.

Jika dipikirkan baik-baik, sebenarnya setiap produk barang pasti akan dibuat dalam kapasitas banyak. Tetapi jika jumlahnya terlalu tersedia berlebih di pasaran akan menurunkan minat pembeli. Meskipun stok banyak, dengan menuliskan barang langka tentu pembeli tidak akan berpikir ulang untuk segera membelinya.

  • Launching Secara Berkala

Sebuah produk pasti akan mengalami kehabisan stok. Jika kamu ingin menambah stok lagi atau mengeluarkan produk baru, gunakanlah sistem berkala sehingga terkesan produk memang berkualitas. Banyak pelanggan yang menunggu rilisnya produk baru karena mereka ingin mendapatkan barang terbaru dengan kualitas lebih bagus.

Maksimalkan lah jasa marketing untuk memasarkan dalam website maupun media sosial tentang sejumlah barang terbaru dengan mempostingnya berkala. Informasi baru yang dilihat calon konsumen pada tampilan website dan media sosial juga akan menarik perhatian untuk segera membelinya.

Baca Juga : Strategi Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Itulah tips dan trik untuk menetapkan psikologi marketing apabila kamu ingin memperkenalkan produk dan barang. Dengan menggunakan semua ulasan diatas, tentunya harapan besar cepat laku pun menjadi target yang tidak sulit dicapai dalam waktu dekat. intinya ini memang sangat penting untuk Psikologi Marketing dalam Penjualan. Semoga bermanfaat!

Kata Kunci Pencarian
tips-tips psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published.