Tips Sukses Bisnis Multi Level Marketing Tanpa Kena Tipu Bahaya Bisnis MLM

Di Indonesia bisnis multi level marketing sudah sangat populer, dan biasanya banyak dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Meskipun banyak yang mengatakan tentang bahaya bisnis MLM, namun sampai sekarang hal itu tidak terbukti dan bisnis ini masih aman-aman saja.

Kalau di sini mungkin istilah yang lebih dikenal adalah MLM, namun masih jarang orang yang tidak mengetahui singkatannya. Padahal MLM adalah singkatan dari multi level marketing atau pemasaran berjenjang.

Mengenal Bisnis Multi Level Marketing

Jadi apa pengertian bisnis MLM, secara sederhananya bisnis ini adalah pemasaran berjenjang. Ini merupakan strategi pemasaran yang tenaga penjual tidak hanya mendapat uang kompensasi dari penjualan yang dilakukan, tapi juga atas penjualan dari sales lain. 

Sales lain itu merupakan “anak buah” atau seseorang yang sebelumnya sudah direkrut oleh seseorang. Nantinya saat seseorang itu berhasil menjual barang, maka orang yang sebelumnya merekrut akan mendapatkan dana kompensasi juga.

Istilah sales yang direkrut tersebut adalah downline, dan yang merekrut orang disebut dengan up line. Dalam bisnis multi level marketing ini up line harus mampu untuk merekrut downline sebanyak-banyaknya apabila ingin mendapatkan lebih banyak kompensasi.

Baca Juga : Inilah Bisnis yang Dapat Dirintis Sejak Remaja

Cara Kerja Bisnis Ini

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bisnis MLM di Indonesia ini sudah sangat menjamur, sebut saja oriflame dan tupperware sebagai dua contohnya. Namun meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara kerja dari bisnis ini.

Oleh sebab itu di sini akan dijelaskan bagaimana cara kerjanya, selain sebagai pengetahuan hal ini juga bisa menghindari penipuan. Jadi pastikan untuk menyimak semua cara kerjnya dengan baik.

1. Seseorang Akan Disponsosori Oleh Perusahaan MLM

Sponsor ini adalah seseorang yang sebelumnya sudah tergabung dengan perusahaan MLM tersebut. Jadi nanti setelah proses perekrutan selesai dilakukan, maka sponsor ini akan memberikan pengetahuan terhadap orang-orang yang baru bergabung.

Tugas yang dilakukan diantaranya adalah menjual produk-produk perusahaan MLM, dan kemudian mencari mitra baru. Usahakan untuk mendapatkan mitra baru sebanyak-banyaknya supaya jaringan yang dibentuk bisa lebih luas.

2. Menyerahkan Uang Pendaftaran

Biasanya dalam bisnis MLM ini apabila ingin tergabung menjadi anggota atau distributornya seseorang harus terlebih dahulu menyerahkan uang pendaftaran. Besaran uang ini sudah ditentukan besarannya oleh masing-masing perusahaan.

Nantinya uang yang diserahkan ini akan diberikan kepada stockiest terdekat berbarengan dengan formulir pendaftaran yang sebelumnya sudah diisi oleh calon anggota. Barulah nantinya setelah uang diberikan, distributor mendapatkan fasilitas untuknya.

3. Menandatangani Perjanjian

Setiap pekerjaan pasti memiliki perjanjian dan juga kontrak yang harus ditaati oleh para pekerjanya. Termasuk dengan pekerjaan ini, jadi setelah uang pendaftaran diterima maka distributor harus terlebih dahulu menandatangi surat perjanjian. 

Tentunya semua isi perjanjian ini juga berisikan peraturan yang harus dilakukan oleh distributornya. Jadi pelajari dahulu semua peraturannya sebelum memutuskan untuk menyetujui peraturan ini, karena sifat dari peraturan ini adalah memaksa.

4. Melakukan Penjualan Produk

Kegiatan utama dari bisnis ini tetaplah marketing yakni melakukan penjualan produk yang dimiliki oleh perusahaan ini. Jadi nantinya distributor ini sudah harus mulai menjual produk-produk dari perusahaannya kepada konsumen.

Karena itu saat melakukan bisnis ini kemampuan berkomunikasi benar-benar diperlukan. Sebab berkaitan juga untuk meyakinkan konsumen, dan calon distributor, semakin banyak yang bisa dijual dan direkrut semakin banyak uang yang dihasilkan.

5. Mengembangkan Jaringan

Seperti yang dikatakan tadi kalau bisa menggaet lebih banyak distributor, maka kemungkinan untuk mendapatkan uang kompensasi menjadi lebih banyak. Supaya bisa mengembangkan jaringan ini tentunya seorang distributor membutuhkan prospek.

Apabila ingin mendapatkan prospek ini, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menjelajahi pasar, menemui target, mencari pasar potensial, dsb. Dengan begitu kemungkinan jaringan yang didapatkan menjadi lebih besar.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Marketing Bisnis Online

Tips Supaya Bisnis MLM Sukses

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan bisnis multi level marketing, maka sekarang akan diberikan beberapa tips. Jadi bagi yang berminat menjadi bagian dari bisnis ini bisa menerapkan tips yang disebutkan supaya menjadi lebih sukses.

1. Pastikan Perusahaan MLM yang Dipilih Merupakan Perusahaan Terdaftar

Ini hal pertama yang bisa dilakukan apabila ingin sukses ketika melaksanakan bisnis MLM. Hal pertama adalah pastikan perusahaan yang dipilih sudah terdaftar di lembaga terkait supaya keamanannya juga bisa lebih terjamin.

Jadi sebenarnya kalau banyak yang bilang kalau bisnis MLM penipu, itu karena bergabung dengan perusahaan yang salah. Padahal kalau perusahaannya terdaftar maka kemungkinan untuk tertipu akan sangat kecil.

2. Memilih Produk yang Disukai

Selanjutnya saat hendak memilih perusahaan ini, pastikan juga untuk memilih perusahaan yang menyediakan produk sesuai dengan keahlian. Karena biasanya kalau yang dipilih adalah produk yang disukai, maka distributor bisa lebih cepat dalam menjualnya.

Sebab distributor itu sudah ahli terhadap produknya, jadi lebih mudah dalam menjelaskannya kepada konsumen. Apabila sudah seperti itu maka untuk meyakinkan konsumen juga menjadi lebih mudah, dan produk bisa terjual dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

3. Mempelajari Produk

Setelah mendapatkan produk yang sesuai, maka selanjutnya adalah mempelajari produk tersebut dengan baik. Perhatikan hal apa yang menjadi selling point dan keunikan dari produk yang ingin dijual. 

Tidak hanya itu saja perhatikan juga harga jual yang ditawarkan, dan berapa biaya masuk yang ditawarkan. Apabila harga keduanya sudah terlalu mahal, maka tidak ada salahnya untuk curiga dan mempelajari semuanya dengan teliti dan perhatikan kalau ada sesuatu yang aneh.

4. Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika ingin melakukan penjualan. Karena dengan adanya target ini, maka penjualan tidak akan melenceng kemana-mana dan akan menjadi lebih terarah.

Dalam menentukan target pasar ini ada baiknya untuk melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Jadi dengan begitu target pasar yang didapatkan bisa lebih jelas dan juga terarah, karena sebelumnya sudah ada segmentasi yang dilakukan.

5. Hindari Melibatkan Keluarga, atau Orang Terdekat

Ini merupakan trik bisnis yang sangat penting untuk dilakukan, yakni tidak melibatkan keluarga, saudara, ataupun teman. Jadi kalau di awal disuruh untuk merekomendasikan orang, hindari untuk menyebutkan orang-orang terdekat itu.

Hal ini juga sudah dibuktikan, karena faktanya pengusaha MLM yang sukses adalah seseorang yang tidak pernah melibatkan keluarga, teman, saudara, ataupun orang terdekatnya. Jadi kalau ingin usaha menjadi sukses, maka perhatikan tips yang satu ini.

6. Mulai Merekrut Anggota

Tips terakhir dalam bisnis multi level marketing mulai merekrut anggota yang lebih banyak supaya bisa mendapatkan lebih banyak uang kompensasi. Jadi tidak hanya fokus terhadap penjualan saja, tapi juga fokus untuk merekrut anggota baru.

Apalagi kalau jaringan yang dimiliki luas, maka bukan hal yang sulit untuk melakukan penjualan produk. Oleh karena itu pastikan untuk bisa merekrut anggota sebanyak mungkin, supaya duit kompensasi yang didapatkan lebih banyak.Itulah tadi pembahasan tentang bisnis multi level marketing dan juga tips sukses melakukannya. Jadi jangan langsung takut untuk melakukan bisnis ini, dan pelajari semua halnya supaya bisa sukses ketika melakukannya.

Kata Kunci Pencarian
tips bisnis sukses language:id

Leave a Reply

Your email address will not be published.