Tugas Manager Pemasaran dan Tips Supaya Bisa Sukses

Manager pemasaran merupakan salah satu bagian yang paling penting di perusahaan. Hal ini dikarenakan tugas manager pemasaran sangatlah krusial, salah satunya adalah memastikan penjualan tetap berjalan lancar.

Karena penjualan ini merupakan ujung tombak dari perusahaan, sebab kalau penjualan jelek maka performa perusahaan juga jelek. Itu kenapa tanggung jawab dan tugas manager pemasaran sangatlah besar dan kehadirannya sangat dibutuhkan.

Mengenal Manager Pemasaran

Sebelum mengetahui tugas manager pemasaran, ada baiknya untuk mengenal apa itu manager pemasaran. Jadi manager pemasaran atau marketing manager adalah orang yang bertugas untuk memimpin tim pemasaran suatu perusahaan.

Tim ini akan bekerja untuk membuat pemasaran, menciptakan produk yang bisa diterima oleh masyarakat, dan beberapa kegiatan marketing lainnya. Saat melakukan pekerjaan tersebut, tim akan dipimpin oleh manager pemasaran untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Baca Juga : Inilah Bisnis yang Dapat Dirintis Sejak Remaja

Tugas Manager Pemasaran

Setelah mengetahui pengertian dari manager pemasaran ini, maka sekarang untuk mengetahui apa saja tugas manager pemasaran. Sebenarnya kalau sudah membaca pengertiannya, maka bisa mendapatkan gambaran besar namun kali ini akan dibahas dengan lebih detail.

1. Memimpin Inisiasi Promosi Produk

Hal pertama yang menjadi tugasnya adalah menginisiasi atau mempelopori kegiatan promosi produk. Biasanya untuk memulai hal ini yang dibutuhkan adalah data penjualan dan juga data konsumen, serta target potensial yang dimiliki.

Melalui data itulah nantinya perusahaan akan mendata kira-kira produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Barulah kemudian produk diluncurkan untuk menjangkau konsumen sesuai dengan data yang didapatkan tadi.

2. Mengatur Biaya untuk Setiap Kegiatan Pemasaran

Setiap kegiatan pasti membutuhkan biaya untuk menjalankannya, begitu juga dengan kegiatan pemasaran ini. Tugas inilah yang dipegang oleh manager pemasaran yakni mengatur biaya untuk setiap kegiatan yang dilakukan.

Selain itu manager pemasaran juga harus memastikan bahwa setiap budget yang diberikan sesuai dengan tujuan yang diraih. Misalkan untuk tujuan besar, maka tidak masalah untuk memberikan budget besar namun untuk tujuan kecil maka ada baiknya dana yang diberikan tidak terlalu besar. 

3. Memantau Kegiatan Pertumbuhan Perusahaan 

Kegiatan marketing ini tujuannya untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dan setiap selesai dilaksanakan perlu dilakukan evaluasi. Tujuannya untuk melihat bagaimana suatu kegiatan marketing memberikan dampak untuk perusahaan.

Evaluasi yang dilakukan ini berupa memantau bagaimana kegiatan dilakukan, dan dampaknya terhadap pertumbuhan perusahaan. Dari mulai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dijual, serta apakah konsumen ingin terus membeli produk tersebut.

4. Mencoba Setiap Proses Marketing Baru 

Proses pemasaran itu harus terus diperbarui, dan sifatnya harus selalu inofatif. Tujuannya agar konsumen tidak merasa bosan, dan target yang terjaring bisa jauh lebih banyak apabila menggunakan strategi pemasaran yang baru.

Namun tetap, sebelum mulai dilakukan ada baiknya untuk dilakukan uji coba terlebih dahulu. Jadi memastikan apakah proses ini benar bisa berjalan dengan lancar atau tidak, kalaupun ada yang bisa diperbaiki dapat dilakukan dengan cepat.

5. Melakukan Koordinasi terhadap Strategi Pemasaran

Untuk bisa membuat sebuah kegiatan tertentu, tentunya dibutuhkan sebuah rencana yang memadai. Begitu juga ketika ingin melakukan kegiatan pemasaran ini, perlu adanya rencana supaya kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan terorganisir.

Di sini peran dari manager pemasaran benar-benar diuji, karena menetapkan rencana kegiatan ini intuisi dari manager marketing sangat dibutuhkan. Seorang manager marketing bisa mengetahaui mana rencana yang bagus dan mana yang pasti berhasil.

6. Membuat Laporan

Karena memiliki tanggung jawab terhadap tim nya, maka tugas selanjutnya adalah membuat laporan tentang hal terkait dengan pemasaran ini. Dari mulai kinerja tim pemasaran, sampai bagaimana strategi tersebut memberikan dampak terhadap perusahaan.

Di dalam laporan tersebut banyak hal yang harus dijelaskan, tujuannya untuk menjadi bahan evaluasi juga untuk atasan. Jadi perusahaan bisa menetapkan mana strategi yang baik, dan hal apa di dalam pemasaran yang harus ditingkatkan atau dikurangi.

7. Menciptakan Konsep Dasar

Tugas bagian pemasaran selanjutnya adalah membuat konsep dasar. Nantinya berangkat dari konsep dasar inilah sebuah rencana akan diciptakan, dikembangkan, dan kemudian dijalankan dengan tujuan untuk meningkatkan performa perusahaan.

Karena itu seorang manager pemasaran harus mampu menciptakan ide-ide baru yang fresh dan jitu. Sebab berangkat dari idenya itulah sebuah rencana baru bisa diciptakan dan menjadi landasan untuk melakukan kegiatan rencana lainnya.

8. Memastikan Pemasaran Berjalan dengan Baik

Ini merupakan tugas dan fungsi manager pemasaran terakhir yakni memastikan pemasaran bisa berjalan dengan baik. Karena percuma saja kalau pemasaran ini dilakukan terus menerus, namun tidak ada hasil baik yang ditawarkan.

Itu sama saja hanya membuang-buang uang dan anggaran yang ada, dan tentunya hal itu akan merugikan perusahaan. Oleh sebab itu sebelum merugikan perusahaan terlalu jauh, manager ini harus memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Baca Juga : Panduan Marketing Online Paling Lengkap Bagi Pemula

Skill yang Dibutuhkan

Untuk bisa menjadi seorang manager pemasaran yang baik, tentunya ada beberapa skill yang dibutuhkan. Oleh karena itu penting untuk bisa memenuhi skill ini supaya kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan maksimal.

1. Digital Marketing

Di jaman seperti sekarang ini kemampuan yang dibutuhkan adalah pemasaran dengan menggunakan metode digital. Kegiatan pemasaran yang menggunakan sistem manual, atau konvensional sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Beberapa keahlian yang diperlukan diantaranya seperti mahir mengoperasikan komputer, SEO, sosial media, dsb. Dengan begitu perusahaan bisa melakukan kegiatan pemasarannya secara digital dengan jangkauan yang lebih luas.

2. Marketing Konvensional

Meskipun digital marketing sudah sangat digiatkan, bukan berarti kegiatan pemasaran lama ditinggalkan begitu saja. Beberapa hal seperti melakukan negosiasi secara langsung, perencanaan, dan juga rencana pembiayaan kegiatan.

Karena kalau tidak memiliki beberapa keahlian dasar ini, maka kegiatan pemasaran lain percuma saja melakukan kegiatan marketing lainnya. Tanpa adanya perencanaan yang matang, pembiayaan, dsb semuanya tidak akan bisa berjalan dengan baik.

3. Keahlian Umum

Tidak hanya pemasaran saja, tapi seorang manager pemasaran perlu memiliki beberapa keahlian umum sebagai pelengkap skill lainnya. Beberapa keahlian umum tersebut diantaranya seperti komunikasi, kemampuan merencanakan, dsb.

Dengan memiliki beberapa keahlian umum tersebut, maka kemungkinan besar rencana pemasaran dapat berjalan dengan sukses. Jadi pastikan untuk melengkapi keahlian itu saja, dan tidak hanya tentang pemasaran atau marketing.

Baca Juga : Tips Menemukan Jasa Marketing Online untuk Bisnis Kamu

Tips Supaya Sukses

Terakhir, di sini akan diberikan tips supaya suskes dalam melaksanakan tugas manager perusahaan. Tentu saja apabla tips ini sudah dijalankan, maka kemungkinan usaha untuk sukses akan menjadi lebih besar.

  • Membuat segmentasi pasar, dan kemudian menentukan stretagi pemasaran yang tepat berdasarkan segmentasi pasar tersebut. 
  • Pahami perilaku konsumen, supaya bisa mendapatkan strategi dan rencana yang hebat.
  • Memastikan jaringan bisnis dan pertemanan diperluas, tentunya akan bisa lebih mudah untuk menjalankan sebuah usaha.
  • Jangan luput dalam memperhatikan setiap respon yang diberikan oleh konsumen. Karena setiap pelanggan pastinya akan memberikan tanggapan yang berbeda-beda, jadi perhatikan dengan baik setiap respon yang diberikan.

Dengan menjalankan semua tips di atas, maka tugas manager perusahaan dapat dilakukan dengan baik. Jadi kemungkinan penjualan juga akan meningkat, dan perusahaan dapat meningkat dengan pesat karena penjualan tersebut meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.