10 Fungsi Pemasaran yang Menguntungkan dan Tips Suksesnya! dan fungsi pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam sebuah usaha, Karena salah satu fungsi pemasaran adalah membuat perusahaan ataupun produk ini menjadi lebih dikenal di kalangan masyarakat.

Hanya saja meskipun merupakan kegiatan yang sangat penting, jarang sekali perusahaan yang menganggap serius hal ini. Bahkan beberapa diantaranya ada yang mengesampingkan kegiatan ini dengan alasan tidak terlalu merasakan efeknya.

Mengenal Kegiatan Pemasaran

Seperti yang dikatakan sebelumya kalau kegiatan pemasaran ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, tapi masih banyak yang mengesampingkannya. Hal ini terbukti dari masih banyaknya yang belum mengenal apa itu kegiatan pemasaran.

Jadi kegiatan ini adalah perusahaan melakukan kegiatan promosi ataupun memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengiklankan, ataupun melakukan promosi dari mulut ke mulut. 

Baca Juga : Memulai Bisnis Sejak Usia Remaja

Fungsi Pemasaran untuk Kelangsungan Usaha

Setelah mengetahui apa itu kegiatan pemasaran, mungkin akhirnya banyak yang bertanya fungsi pemasaran apa saja? Apalagi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau ada banyak sekali fungsi dari kegiatan ini, karena itu di sini akan dibahas dengan lengkap.

1. Produk Menjadi Terkenal

Ini merupakan fungsi pemasaran utama sekaligus merupakan tujuan yang paling ingin diraih oleh perusahaan. Karena kalau produk menjadi lebih dikenal, maka akan banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang produk ini.

Ini merupakan kondisi dimana ada banyak sekali calon pembeli potensial yang masuk, jadi perusahaan hanya tinggal pinter-pinter saja mencarinya. Kalau sudah mendapatkan pembeli yang potensial, maka bukan hal yang sulit untuk membuat produk ataupun jasanya terjual.

2. Memungkinkan Terjadinya Peningkatan Penjualan

Hal ini berkaitan juga dengan poin yang sebelumnya, apabila banyak calon konsumen potensial yang hadir maka tentu akan mudah produk terjual. Apabila sudah seperti itu, maka yang akan terdongkrak tentu adalah angka penjualan.

Apabila angka penjualan sudah terdongkrak naik, maka tentu keuntungan juga bertambah. Selain itu kalau angka penjualan sudah naik itu artinya kegiatan brand awareness sudah sukses, karena produk semakin dikenal. 

3. Menambah Jaringan

Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan angka penjualan saja, tapi kegiatan ini juga berfungsi untuk menambah jaringan. Keuntungan dari bertambahnya jaringan atau koneksi ini adalah terbukanya kesempatan untuk melakukan kerja sama.

Seperti yang diketahui kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Karena itu kalau sudah berhasil menambah jaringan, maka kemungkinan besar kesempatan untuk melakukan kerja sama menjadi terbuka lebar dan tentunya itu merupakan keuntungan besar bagi perusahaan.

4. Memperluas Keuntungan

Keuntungan yang bertambah merupakan pengaruh tidak langsung dari kegiatan ini. Karena memang keuntungan akan meningkat apabila penjualannya meningkat, dan ini sudah dibahas pada poin sebelumnya apabila produk menjadi lebih dikenal.

Ternyata selain menambah keuntungan, penjualan yang meningkat merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang sehat. Tentunya kalau melihat performa perusahaan seperti ini investor tidak akan ragu untuk menanamkan modalnya dan ini berkaitan dengan poin sebelumnya.

5. Menguasai Pasar

Perusahaan sudah sehat dengan penjualan yang terus meningkat, ditambah dengan banyaknya tawaran kerja sama semakin menguatkan perusahaan di masyarakat. Itu artinya tinggal sedikit lagi perusahaan bisa menguasai pasar.

Tentunya kalau sudah menguasai pasar, maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Salah satunya adalah selalu menjadi pilihan terdepan konsumen, dan namanya akan selalu diingat oleh konsumen.

6. Memahami Kompetitor

Mungkin banyak yang tidak menyangka hal ini terjadi, tapi salah satu kegiatan pemasaran adalah menjangkau konsumen. Pada saat proses inilah pengusaha bisa mengetahui persaingan seperti apa yang ada di sekitarnya.

Dengan begitu pengusaha juga sekaligus bisa melakukan evaluasi, kenapa produknya tidak selaku produk kompetitor dsb. Apabila sudah seperti ini, maka tentu perusahaan dapat meningkatkan performanya supaya menjadi lebih baik dengan lebih mudah.

7. Membantu Konsumen

Kegiatan pemasaran ini tidak hanya membantu perusahaan saja untuk meningkatkan penjualan, dsb. Tapi juga ternyata membantu konsumen untuk mengetahui produk apa saja yang dijual di perusahaan tersebut dan apakah produk itu sesuai dengannya atau tidak.

Misalkan ada seseorang dengan kulit sensitif yang susah mencari sabun muka yang cocok untuk dirinya. Saat melihat kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan ini, orang tersebut tertarik untuk mencoba sabun mukanya dan ternyata cocok, ini merupakan salah satu bentuk utama fungsinya.

8. Mengenalkan Produk Terbaru

Ini juga masih termasuk dalam membantu konsumen, terutama konsumen tetap yang menjadi langganan. Dengan melakukan kegiatan pemasaran maka konsumen bisa mengetahui produk terbaru apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Jadi konsumen yang tadinya tidak tertarik menjadi tertarik untuk membeli produk tersebut. Apabila sudah seperti ini, maka lagi-lagi angka penjualan yang akan terdongkrak naik dan tentunya akan membuat perusahaan semakin stabil.

9. Memberitahukan Promosi

Ini merupakan salah satu contoh fungsi pemasaran yang jarang disadari oleh perusahaan. Padahal konsumen akan tertarik apabila melihat promosi, dan tidak semua konsumen mengetahuinya karena itu perusahaan perlu untuk memberitahukan apabila ada promosi.

Nantinya konsumen yang tidak mengetahui ini, menjadi tahu dan tertarik untuk melakukan pembelian. Kegiatan pemasaran memberitahukan promosi ini bisa dilakukan melalui sosial media, ataupun melalui email, dan banyak kegiatan pemasaran lainnya.

10. Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Fungsi pemasaran untuk perusahaan yang terakhir adalah menjalin hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Ini sebenarnya merupakan trik marketing, dimana kegiatan pemasaran tidak selamanya tentang menjual barang atau jasa saja.

Ada kalanya kegiatan pemasaran ini bisa dengan memberikan ucapan selamat tahun baru, atau ucapan lainnya kepada konsumen. Dengan memberikan ucapan seperti ini maka bisa menjalin kedekatan, dan konsumen merasa diperhatikan sehingga akhirnya memutuskan untuk menjadi konsumen setia.

Baca Juga : Strategi Menjalankan Digital Marketing Bagi Pemula

Tips Melakukan Pemasaran dengan Baik

Untuk bisa melakukan pemasaran dengan baik, dan supaya semua fungsi pemasaran yang disebutkan di atas bisa dirasakan dengan maksimal di sini akan diberikan tipsnya. Dengan tips ini maka kegiatan pemasaran produk dapat berjalan dengan lancar.

  • Mengenali konsumen dengan baik karena apapun tujuan kegiatan pemasaran ini, konsumen merupakan target utamanya. Jadi kalau sudah mengenali konsumen dengan baik maka akan mudah untuk mempengaruhinya.
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Buatlah pelanggan merasa seperti bagian dari perusahaan dengan begitu pelanggan akan merasa spesial dan akan menjadi pelanggan tetap.
  • Memanfaatkan internet dan media digital dengan maksimal. Memanfaatkan sosial media, membuat website merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang memanfaatkan internet dengan baik dan hal itu terbukti jitu dalam mendongkrak penjualan dan membuat produk menjadi lebih dikenal.
  • Menyusun dana yang baik dengan tujuan agar kegiatan pemasaran ini tidak terlalu over budget dan tentunya tetap menjadi kegiatan yang menguntungkan untuk perusahaan.

Jadi ternyata fungsi pemasaran ini sangat banyak, dan semuanya sangat menguntungkan baik itu bagi perusahaan ataupun bagi pelanggan. Karena itu ada baiknya untuk mulai melakukan pengencangan kegiatan pemasaran, dan jangan lupa lakukan tips di atas supaya hasilnya semakin maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.