12 Macam-Macam Teknik Pemasaran Efektif yang Bisa Dicoba

Di dunia usaha salah satu hal yang paling penting adalah melakukan teknik pemasaran yang efektif. Beruntungnya bagi pengusaha ada banyak macam-macam teknik pemasaran dan strategi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan untuk mempromosikan produk.

Jadi pengusaha bisa lebih menyesuaikan mana yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Dengan begitu pengusaha bisa lebih mudah dalam melakukannya, dan strategi pemasarannya bisa lebih lancar.

Macam-Macam Teknik Pemasaran Efektif 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau ada banyak sekali macam-macam sistem pemasaran yang bisa dipilih. Tentunya setiap sistem atau teknik ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jadi pengusaha bisa memilih teknik mana yang memang sesuai dengan usahanya, dan juga sesuai dengan kemampuannya. Berikut ini adalah beberapa teknik pemasaran yang bisa digunakan, diantaranya.

1. Membuat Perencanaan Produk

Produk merupakan hal yang dijual ke masyarakat, oleh karena itu pastikan produk yang dijual sudah sesuai dengan keinginan masyarakat. Jadi sebelum menjualnya, pastikan terlebih dahulu kalau produk tersebut sudah direncanakan dengan baik.

Pastikan juga produk ini sudah sesuai dengan keinginan pasar, dari mulai pengemasannya, pemberian nama, dsb. Saat ingin mengenalkan produk ini bisa menggunakan cara diferensiasi produk atau lebih dikenal dengan perencanaan produk yang memiliki perbedaan dengan produk lainnya.

2. Melakukan Segmentasi Pasar

Teknik ini merupakan teknik yang dirasa paling tepat untuk digunakan apabila ingin menjual produk dalam jumlah yang banyak. Salah satu contoh strategi pemasaran yang menggunakan teknik ini adalah penjualan smartphone.

Jadi segmentasi pasar ini membagi beberapa orang menjadi beberapa kelompok berdasarkan wilayah, usia, ataupun penghasilan. Seperti smartphone yang membagi orang berdasarkan penghasilannya jadi produk dikeluarkan dengan dibagi dalam beberapa kelompok seperti low ent, mid ent, and high ent.

3. Distribusi

Strategi pemasaran produk selanjutnya adalah dalam hal pengiriman barang yakni distribusi. Dalam melakukan distribusi ini bisa dengan menjalin kemitraan dengan distributor, ataupun dengan agen supaya produk bisa lebih cepat sampai ke tangan konsumen akhir.

Pada proses ini pastikan membagikan jumlah produk sesuai dengan wilayah, jangan terlalu lebih atpalagi terlalu kurang. Karena itu sebelumnynya dikatakan melakukan segmentasi pasar pada langkah yang sebelumnya merupakan sesuatu yang penting.

Baca Juga : Pengusaha Harus Mengerti Apa Beda Marketing dan Sales

4. Menggencarkan Promosi

Macam-macam teknik pemasaran selanjutnya yang efektif adalah memaksimalkan kegiatan promosi. Karena kegiatan promosi ini sangat penting dalam meningkatkan branding awareness.

Dalam melakukan kegiatan promosi ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti melakukan penawaran yang menarik. Memberikan hadiah gratis, dan memberikan potongan harga adalah sesuatu yang bisa dilakukan untuk menarik minat pelanggan.

5. Memahami Persaingan 

Persaingan merupakan hal yang maklum dalam dunia bisnis, hanya saja bagaimana seorang pebisnis menghadapinya itu merupakan hal yang penting. Hal ini juga ternyata berlaku dalam teknik pemasaran yang efektif.

Pengusaha harus terlebih dahulu memahami persaingan yang ada di dunia bisnisnya. Kalau begitu pengusaha bisa mengerti bagaimana caranya menentukan teknik yang baik bagi usahanya, dan bagaimana cara melakukan hal tersebut.

6. Memanfaatkan Sosial Media 

Sosial media merupakan teknik pemasaran yang sangat menguntungkan apabila dimanfaatkan dengan maksimal. Karena media sosial merupakan sarana yang mudah dan murah untuk bisa memasarkan produk secara global.

Apalagi pengguna sosial media di Indonesia jumlahnya jutaan, jadi sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Dengan memanfaatkan media sosial dengan lebih maksimal, maka bisa memaksimalkan keuntungan menjadi lebih besar. 

7. Menggunakan Metode WOM

WOM atau word of mouth merupakan istilah yang digunakan dalam pemasaran mulut ke mulut. Pemasaran ini dinilai efektif, namun terlebih dahulu pengusaha harus menciptakan products branding yang baik agar bisa dikenal oleh masyarakat.

Kalau metode ini sudah diterapkan, maka bisa menjadi sebuah pertanda kalau bisnis tersebut sukses. Oleh sebab itu pastikan untuk mampu menciptakan produk yang kuat dan mudah dikenali oleh masyarakat, supaya produk bisa menjadi sangat populer.

8. Menciptakan Product Branding 

Hal ini juga berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, yakni kalau ingin produknya dapat dibicarakan oleh orang dari mulut ke mulut maka lebih dahulu menciptakan product branding. Product branding ini merupakan teknik untuk membuat imej yang baik terhadap produk tersebut supaya produk tersebut memiliki nilai jual tinggi.

Kalau produk sudah sangat terkenal, dan memiliki imej yang baik di mata masyarakat maka untuk menciptakan WOM melaluinya bukanlah sesuatu yang sulit. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menciptakan product branding yang kuat.

Baca Juga : 10 Fungsi Pemasaran yang Menguntungkan dan Tips Suksesnya!

9. Pemasaran Interaktif 

Dalam pemilihan strategi pemasaran produk hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah melakukan pemasaran interaktif. Strategi dari pemasaran ini adalah melibatkan langsung konsumen di dalam prosesnya, jadi konsumen akan merasa lebih diperhatikan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya dengan melibatkan konsumen dalam menentukan nama untuk produk selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem voting di website perusahaan, jadi konsumen juga bisa melihat produk apa yang dijual oleh perusahaan tersebut.

10. Menggunakan Pemasaran Konten

Selain dengan metode interaktif, maka hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menciptakan dan mendistribusikan konten. Konten ini memiliki nilai, dan sifatnya lebih konsisten serta sesuai dengan kenyataan untuk menarik perhatian pelanggan.

Di metode ini juga perusahaan akan memberikan informasi yang diperlukan oleh konsumen, sampai konsumen tersebut tertarik untuk membelinya. Strategi ini akan memberikan dampak yang baik pada nilai penjualan produk apabila dilakukan dengan tepat.

11. Menerapkan Teknik 4P

4P merupakan macam-macam teknik pemasaran yang menggabungkan antara produk, price, place, dan promotion. Keempat komponen ini merupakan alat pemasaran taktis yang apabila digabungkan akan menghasilkan respon yang sesuai dari pasar.

Jadi dalam melakukan hal ini pengusaha bisa menentukan terlebih dahulu produk mana yang baik, dan tidak. Lalu mulai menentukan harga yang dimiliki oleh produk tersebut, dan kemudian tempat menjualnya, serta promosi apa yang harus dilakukan.

12. Pemasaran Transaksional 

Target penjualan menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi oleh perusahaan apabila ingin usahanya berkembang menjadi lebih besar. Namun terkadang target tersebut sedikit sulit untuk dicapai dan sedikit menjadi beban bagi pengusaha.

Karena itu untuk bisa memenuhinya dengan mudah pengusaha bisa menerapkan strategi ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya memberikan promosi berupa diskon, kupon belanja, ataupun beberapa hal lainnya yang tentu bisa menarik perhatian pelanggan.

Baca Juga : Membangun Bisnis Online Saat Pandemi untuk Pemula

Cara Memilih Teknik Pemasaran yang Efektif

Dalam melakukan pemilihan strategi pemasaran produk ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti produk yang dijual, dan juga target pasar yang diinginkan. Karena semua teknik pemasaran yang disebutkan di atas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jadi tidak ada yang benar-benar baik ataupun yang benar-benar buruk semuanya disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan keinginan pengusaha. Selain itu hal ini juga disesuaikan lagi dengan kemampuan pengusaha, tujuannya agar semua teknik yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.Itulah tadi beberapa macam-macam teknik pemasaran efektif yang bisa dipilih dengan semua kegunaannya masing-masing. Karena banyaknya teknik pemasaran yang bisa dipilih, pastikan untuk memilih satu yang sesuai supaya semuanya berjalan dengan lancar.

Kata Kunci Pencarian
pemasaran yang dipilih

Leave a Reply

Your email address will not be published.