Apa Yang di Maksud Strategi Pemasaran ?

Semua pengusaha dan pebisnis pasti memilih Strategi Pemasaran, lalu Apa Yang di Maksud Strategi Pemasaran ? Memiliki Strategi Pemasaran yang baik adalah kunci keberhasilan semua jenis bisnis. Pemasaran bukanlah aktivitas yang bisa berdiri sendiri dan hanya dilakukan dalam waktu satu kali saja

  • Pengertian Strategi

Strategi adalah sebuah taktik secara bahasa yang mempunyai arti sesuatu yang terkait dengan paham organisme dalam menjawab stimulus dari luar. Secara istilah, strategi adalah suatu garis besar dalam haluan bertindak untuk mencapai suatu sasaran yang telah ditentukan.

Strategi menurut Steiner dan Milner adalah penetapan misi perusahaan, penetapan sasaran organisasi dengan meningkatkan kekuatan eksternal dan internal, perumusan kebijakan implementasi secara tepat sehingga tujuan dan sasaran utama organisasi tercapai.

Suryana mengartikan strategi dengan penjelasan 5P-nya, yaitu :

  1. Strategi adalah perancanaaan (plan)
  2. Strategi adalah pola (pattern)
  3. Strategi adalah posisi (potition)
  4. Strategi adlaah perspektif (perspective)
  5. Strategi adalah permainan (play)

penulis menyimpulkan bahwa strategi merupakan garis besar dalam haluan organisasi untuk mencapai misi dengan cara meningkatkan kekuatan internal dan eksternal.

Baca Juga : Strategi Pemasaran 4P dan 7P beserta Contoh dan Penerapannya
  • Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah fungsi pokok bagi sebuah perusahaan. Semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dari para konsumen.

Gambaran tentang pemasaran secara luas dapat diketahui dari definisi yang dikemukakan oleh William J. Stanson : Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun potensial.

Dari definisi tersebut dapat kita diketahui sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi sampai bisa di tangan konsumen. Keputusan-keputusan dalam pemasaran harus dibuat untuk menentukan produk dalam pasaranya, harganya, dan mempromosikannya.

Kegiatan pemasaran tidak selalu bermula pada saat selesainya proses produksi, juga tidak berakhir pada saat penjualan dilakukan. Perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengharapkan usahanya dapat berjalan terus menerus sampai bisa di terima baik di kalangan konsumen.

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal Paling Menguntungkan
  • Pengertian Strategi Pemasaran

Jadi Strategi pemasaran adalah strategi yang di lakukan perusahaan barang ataupun jasa untuk mengsinambungkan dan memenangkan persaingan pasar . penetapan strategi pemasaran untuk mencapai sasaran sasaran pasar yang akan diterima baik oleh kalangan konsumen.

  • Contoh Strategi Pemasaran

Ada banyak contoh strategi pemasaran yang digunakan oleh berbagai bisnis

  1. Kerja sama
    Kerja sama ini biasanya dilakukan dengan pihak yang dianggap punya pengaruh. Misalnya dengan menggandeng acara tv tertentu atau endorse selebriti hingga influencer daring. Pihak-pihak ini dianggap bisa memperkenalkan suatu produk dan diharapkan akan diikuti oleh pengikut/penggemar mereka. 
  2. Diskon di momen khusus
    Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang paling ramah bisnis. Kamu bisa memberikan diskon khusus misalnya di soft opening/ulang tahun/acara tertentu. 
    Variasinya pun banyak, misalnya beli satu gratis satu, beli produk A dapat produk B, beli dua makanan gratis satu minuman, dan sebagainya.  
    Hal yang perlu diingat, pastikan kamu sudah membuat perhitungan terperinci sehingga kegiatan ini tidak berujung rugi. 
  3. Flash sale
    Jangan salah, flash sale sudah ada sejak lama. Dulu kegiatan ini paling sering tampil di tv, misalnya penjualan panci anti-lengket yang dijual lebih murah kalau pelanggan langsung menelepon saat itu juga. 
    Uniknya, taktik ini semakin naik daun ketika e-commerce mulai populer di Indonesia. Kini orang-orang berlomba-lomba untuk jadi yang tercepat klik beli ketika ada produk baru yang diluncurkan. 
    Banyak merek smartphone yang menggunakan strategi pemasaran ini untuk menjual produknya.

Setelah semua artikel ini kalian baca apakah kalian berminat untuk melakukan Strategi Pemasaran dan juga belajar apa itu pemasaran lebih jauh lagi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.