Cara Memulai Bisnis Online

Perkembangan pesat dunia internet termasuk sosial media di dalamnya membuka banyak peluang untuk berbisnis. Cara memulai bisnis online bisa dipelajari oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan bisnis online adalah tak terikat ruang maupun waktu, sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol? Ada banyak informasi dan pengetahuan di internet yang bisa kamu pelajari secara gratis, misalnya cara bisnis online shop tanpa modal melalui sistem dropshipping. Kamu harus tahu kiat-kiat melakukan bisnis online supaya lebih matang dalam melakukan perencanaan. Tim Qoala telah menyiapkan cara bisnis online pemula yang bisa langsung kamu coba di rumah.

Kenapasih Perlu berbisnis Online ? Kenapa merintis usaha baru perlu strategi online juga?

Banyak orang mempertanyakan, apakah dengan menjalankan bisnis online dapat memberikan untung yang besar? Tentu saja iya. Banyak manfaat dan kemudahan apabila Anda menjalankan bisnis online yang menguntungkan ini. Salah satu manfaat yang dapat dilihat adalah, Anda dapat menambah pendapatan Anda, tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap Anda. Ini artinya, bisnis online dapat Anda kerjakan di rumah sembari melakukan kegiatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat bisnis online yang menguntungkan Anda!

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal Paling Menguntungkan
  1.  Mengatasi Keterbatasan Geografis.
  2. Anda Dapat Memulainya dengan Modal Terbatas.
  3. Bisa Dipelajari Otodidak Tanpa Mempermasalahkan Latar Belakang.
  4. Mendapatkan Customer Baru Hanya dengan Search Engine.
  5. Menghemat Biaya.
  6. Membantu Menyediakan Barang Lebih Cepat.
  7. Efisiensi Waktu dan Biaya Perjalanan.
  8. Memberikan Perbandingan Harga dengan Lebih Cepat.
  9. Perbanyak Income, Bahkan Anda Akan Dibayar dalam Dollar.
  10. Anda dapat Menjadi Bos untuk Diri Anda Sendiri.

Mari kita bahas ke 10 manfaat  manfaat bisnis online diatas satu persatu.

  • Mengatasi Keterbatasan Geografis.

Saat Anda mengelola toko offline, hal ini tentunya akan terbatas oleh wilayah geografis sehingga proses pemasaran pun terbatas. Berbeda dengan Anda yang membuka usaha bisnis online dimana jangkauan pasarnya lebih luas. Kondisi ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk bisa memasarkan produk yang dijual bahkan sampai ke luar negeri.

  • Anda Dapat Memulainya dengan Modal Terbatas.

Dengan memulai bisnis online, Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal. Dengan hanya bermodalkan komputer atau laptop lengkap dengan internet, maka Anda sudah bisa menjalankannya. Mungkin Anda masih bertanya-tanya, lalu apa produk yang dijual online? Untuk produk, Anda bisa menggunakan sistem dropship. Singkatnya, dropship sendiri adalah sistem di mana Anda meminta seller atau supplier untuk mengirimkan barang ke customer. Untuk lebih jelasnya, dropship akan dibahas pada kesempatan yang lain. Anda juga tak perlu repot-repot membuat website dengan domain berbayar. Hanya dengan memaksimalkannya melalui media sosial, Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

  • Bisa Dipelajari Otodidak Tanpa Mempermasalahkan Latar Belakang.

Banyak orang menganggap, pengusaha sukses dilatarbelakangi dengan pendidikan yang sukses di bidangnya. Padahal belum tentu, misalnya ketika menjalankan bisnis online. Ada tidak diharuskan untuk mempunyai latar belakang yang expert di bidang ini. Secara otodidak, Anda pun bisa mempelajarinya melalui informasi-informasi yang telah ada. Syarat untuk menjadi pengusaha yang sukses adalah gigih. Gigih untuk membangun segala sesuatunya

dari nol hingga akhirnya mencapai kesuksesan tertinggi.

Baca Juga : Strategi Branding di Medsos
  • Mendapatkan Customer Baru Hanya dengan Search Engine.

Dengan memulai bisnis online, Anda tidak perlu repot-repot lagi memasarkan produk secara langsung. Nanti secara otomatis customer akan datang mengunjungi marketplace yang Anda kelola. Pasalnya mereka bisa mencari apa yang diinginkannya melalui search engine, tidak terkecuali untuk toko online yang mungkin tengah Anda kelola.

  • Menghemat Biaya.

Alasan lain kenapa bisnis online dinilai lebih menguntungkan yaitu tidak mengeluarkan banyak dana, baik untuk iklan ataupun strategi pemasaran kedepannya. Dalam mengembangkan bisnis online yang sedang dikelola Anda bisa mengoptimalkannya dengan layanan jasa SEO serta memanfaatkan penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, dan yang lainnya.

  • Membantu Menyediakan Barang Lebih Cepat.

Jika Anda meragukan peluang bisnis online, maka Anda perlu mengenal bisnis ini lebih jauh. Dengan menjual produk-produk Anda secara online, maka hal tersebut akan memudahkan banyak orang untuk menemukan produk yang dicarinya dengan lebih cepat.        Jika ingin membeli produk yang diinginkan, customer dapat menggunakan kotak pencarian dan mempersempit pencarian produk yang diinginkan. Hanya dengan sekali klik, maka produk yang diinginkan akan masuk ke keranjang belanja.

  • Efisiensi Waktu dan Biaya Perjalanan.

Terbayang ‘kan jika Anda bermaksud membeli produk tertentu secara offline, namun produk tersebut sangat sulit ditemukan. Coba perhitungkan berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk mencari barang tersebut dari satu toko ke toko lainnya. Belum lagi, biaya yang Anda keluarkan untuk akomodasi. Berbeda halnya ketika Anda berbelanja secara online. Dengan hanya memasukan kata kunci untuk produk yang Anda cari, maka dengan cepat akan Anda temukan. Kemudahan inilah yang membuat bisnis online menguntungkan untuk Anda. Peluang inilah yang membuat bisnis ini dilirik oleh banyak orang.

Baca Juga : Apa Yang di Maksud Strategi Pemasaran ?
  • Memberikan Perbandingan Harga dengan Lebih Cepat.

Dari sudut pandang customer, bisnis online adalah surga belanja yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun dengan lebih cepat. Namun bukan hanya itu, dengan melakukan pembelian secara online, maka Anda dapat lebih cepat membandingkan harga produk dari satu toko online dengan banyak toko online lainnya. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk membeli produk yang Anda butuhkan, dengan harga yang tepat.

  • Perbanyak Income, Bahkan Anda Akan Dibayar dalam Dollar.

Jika Anda memasarkan produk yang tepat, maka Anda pun akan berhasil memperoleh pendapatan yang lebih banyak. Terlebih, jika Anda mempunyai toko online dengan menggunakan lebih dari satu bahasa. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan customer dari luar negeri. Artinya, Anda bukan lagi mendapatkan pendapatan dengan mata uang Rupiah, melainkan Anda akan dibayar dengan Dollar.

  • Anda dapat Menjadi Bos untuk Diri Anda Sendiri.

Jika selama ini Anda adalah seorang pegawai, maka wajib bagi Anda untuk menuruti semua perintah bos Anda. Tapi, bagaimana jika Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri? Ya, dengan memulai bisnis online, maka Anda tak perlu repot-repot untuk menuruti perintah dari atasan. Karena, Anda sendirilah pegawai sekaligus bosnya. Itulah alasan mengapa bisnis online yang menguntungkan ini dilirik oleh banyak orang dan dianggap menjanjikan

Bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan model atau metode bisnis yang sangat menjanjikan sekali. Kini ada banyak jenis dan macam bisnis online yang tentu saja bisa dijalankan oleh semua kalangan orang. Bisnis online memiliki banyak sekali peluang keuntungan yang sangat besar dan bahkan lebih menjanjikan sekali untuk ditekuni. Tertarik untuk memulai bisnis online? Rencanakan sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.