Mencegah Penyebaran Virus di Bisnis Anda, Covid-19

Negara-negara di seluruh dunia sedang tidak baik baik saja hampir seluruh negara di dunia telah memberlakukan pembatasan negara untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini pasti membuat bisnis UKM bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Di satu sisi lainnya , bisnis ingin terus berjalan tetapi di sisi lain kesehatan Anda dan karyawan menjadi ancaman dari penyebaran Virus saat ini. Jika bisnis Anda mulai tergoyahkan karena adanya penyebaran virus corona,

Berikut Panduan penting pencegahan virus corona bagi para pengusaha dan bisnis:

  1. Sampaikan pada karyawan yang sakit agar istirahat di rumah meski hanya demam, batuk dan pilek.
  2. Bila memungkinkan, lebih dianjurkan untuk bekerja dari rumah seperti WFH
  3. Hindari pertemuan besar, bisa digantikan dengan conference calls/video calls, dering via zoom.
  4. Pastikan karyawan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari salaman dengan karyawan lain
  5. Sediakan cairan pembersih tangan / hand sanitizer di tempat-tempat penting seperti dekat pintu masuk/keluar, saklar lampu, tempat makan, kasir dan toilet.
  6. Pastikan air mengalir dan sabun tersedia di setiap toilet
  7. Hindari perjalanan bisnis, dan bila harus tetap waspada dalam perjalanan
  8. Buat kebijakan yang lebih fleksibel yang memungkinkan karyawan bekerja dari rumah karena merawat anggota keluarga yang sakit
  9. Pastikan kebersihan pada permukaan di area tempat kerja seperti meja kerja, kursi, komputer, dan gagang pintu dengan cairan disenfiktan.
  10. Pasang poster pencegahan COVID-19 di tempat kerja
  11. Pastikan karywan telah melakukan vaksin untuk meningkat anti-body pada tubuh.\
Baca Juga : Strategi Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Adapun tips – tips dalam rangka bisnis UKM Anda dalam memerangi virus corona sebagai berikut :

· Pastikan Cashflow Terjaga dengan Sehat.

Arus kas adalah salah satu unsur yang paling penting dalam berbisnis. Sehingga suatu bisnis harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Jika tidak maka risikonya bisnis yang Anda jalankan mengalami kebangkrutan. Untuk itu penting bagi Anda untuk menjaga kondisi arus kas agar tetap seimbang. Pengelolaan arus kas dapat menentukan hidup dan matinya bisnis Anda

· Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya dalam bisnis adalah sebuah outline yang sengaja dibuat untuk mengorganisir bisnis mereka sesuai dengan budget atau pengeluaran yang diperlukan. Langkah ini perlu dilakukan terutama untuk mengevaluasi kinerja bisnis, apakah menguntungkan atau justru dalam posisi rugi. Tidak hanya itu, membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam bisnis untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya. Tanpa adanya rencana yang jelas, pengusaha akan merasa kesulitan untuk menentukan biaya modal yang akan digelontorkan dan target pendapatan yang ingin dicapai.

· Selalu Monitor Transaksi Bisnis

Para pelaku bisnis tak terlepas dari aktivitas transaksi perbankan. Untuk menghindari risiko terkena Virus Corona di ruang publik, Anda sebaiknya menghindari kunjungan ke kantor cabang perbankan secara langsung dan lebih memilih transaksi via online. Melalui fitur Cashlink pada Jurnal, Anda dapat melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis tanpa perlu repot mengunjungi kantor fisik, solusi yang baik untuk bisnis UKM di masa pandemi bukan? Jurnal akan menampilkan ringkasan rekonsiliasi bank pada semua akun kas dan bank, serta perubahan saldo kas dan bank yang belum dicatat.

· Perhatikan Kondisi Stok Barang

Penyebaran Virus Corona yang semakin agresif membuat Anda perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Langkah alternatif yang perlu dilakukan adalah memeriksa status persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh. Dengan fitur program inventory dari Jurnal, Anda dapat memonitor stok barang secara real time tanpa perlu ke gudang fisiknya. Tak hanya menghitung persediaan barang, tetapi juga mengetahui harga jual beli rata-rata, dan menginformasikan ketersediaan stok barang saat itu juga.

Baca Juga : Strategi Branding di Medsos

Itulah beberapa panduan dan tips agar UKM bisa bertahan di masa pandemi. Bagaimana agar pasar di Indonesia bisa segera kembali bangkit meski di tengah pandemi Covid-19?

Harus ada kerjasama antara pihak pemerintah dan juga bisnis. Mudah-mudahan kondisi cepat pulih dan ekonomi bisa kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.