Pengertian, Tujuan Serta Jenis-Jenis Marketing, Jenis Pemasaran Generasi Milenial Wajib Tahu

Seringkali kita mendengar istilah jenis marketing pemasaran namun belum mengetahui betul apa itu marketing. Jika itu Anda mungkin artikel seputar pengertian dan jenis-jenis marketing di bawah ini bisa sangat membantu. 

Pengertian Marketing Secara Umum

Apa itu marketing? Dikutip dari Glints.com marketing merupakan salah proses atau tindakan untuk mengenalkan produk maupun jasa. Tujuannya agar produk atau jasa yang ditawarkan tersebut diketahui oleh masyarakaat luas dan merekaa tertarik untuk menggunakannya. 

Menurut pengertian dari Carolin Forsey, marketing mempunyai arti sebagai salah satu proses yang bertujuan agar masyarakat tertarik atau mau mencoba menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam proses ini perlu dilakukan adanya riset pasar, pencarian pelanggan serta  anasilsi yang matang. 

Pengertian dari marketing atau pemasaran ini mencakup kedalam hal yang amat sangat luas. Dalam prosesnya mencakup kegiatan pengenalan produk, metode distribusi, penjualan hingga periklanan. 

Di dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini membuat definisi marketing kian mengalami perkembangan. Saat ini saja marketing sudah dibagi menjadi dua macam yaitu secara online maupun offline. 

Baca Juga : 12+ Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Mengapa Marketing Sangat Dibutuhkan? 

Setelah tahu apa pengertian marketing, Anda yang membaca ini tentu bertanya-tanya apa pentingnya marketing untuk sebuah bisnis. Bukankah sekedar berikan itu mudah dan tidak membutuhkan ilmu khusus. 

Jadi intinya, dalam setiap bisnis yang Anda jalankan marketing atau pemasaran itu memegang banyak fungsi. Marketing tidak semata-mata hanya berikan agar orang tertarik, namun lebih ke bagaimana cara meningkatkan profit penjualan agar bisnis terus bertumbuh. 

Tujuan marketing secara umum adalah untuk menjelaskan produk ataupun jasa yang Anda jual lebih dikenal masyarakat. Karena pada dasarnya masyarakat butuh edukasi ketika akan menggunakan sebuah barang ataupun jasa. 

Menurut pandangan dari Creatives, marketing merupakan cara yang paling efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Agar semakin mumpuni cara penyampaiannya bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan  serta menarik. 

Untuk cara yang digunakan bisa dengan ucapan terimakasih serta pemberian bonus kepada pelanggan setia. Ini adalah sesuatu yang penting dan bertujuan agar jasa atau produk yang Anda tawarkan lebih menjadi prioritas untuk mereka. 

Jenis-Jenis Marketing 

Lanjut ke pembahasan di poin terakhir dan menjadi poin utama yaitu tentang jenis-jenis marketing. Seperti yang sudah disampaikan di poin sebelumnya, marketing dibagi menjadi dua macam yaitu online dan offline. 

Untuk marketing online sudah pasti menggunakan media internet sebagai penunjangnya. Sedangkan untuk marketing offline dilakukan secara langsung serta cenderung mempunyai keterbatasan medium. Untuk itu, berikut adalah jenis-jenis marketing yang perlu Anda ketahui. 

  1. Cause Marketing 

Di nomor pertama ada cause marketing dimana jenis marketing ini menggabungkan antara produk perusahaan, layanan dengan penyebab atau masalah sosial yang terjadi. Pemasaran ini juga sering disebut dengan pemasaran terkait penyebab. 

  1. Diversity Marketing 

Kedau ada Diversity Marketing yaitu jenis marketing yang fokus dalam melayani banyak pengguna atau audience. Diversity Marketing biasanya akan menyesuaikan atau mengintegrasikan mode pemasaran yang sedikit berbeda. Dimana dalam hal ini mencakup banyak aspek seperti sikap, kepercayaan, budaya, pandangan serta kebutuhan khusus lainnya. 

  1. Pemasaran Digital 

Jenis pemasaran yang satu ini terlahir dengan adanya kemajuan teknologi dan digital. Pemasaran ini sering disebut dengan pemasaran online dimana semua aktivitasnya ditunjang oleh internet. Pada umumnya  pemasaran digital ini dilakukan di berbagai platform media sosial atau marketplace dengan melakukan beberapa pendekatan kepada para konsumen. 

  1. Undercover Marketing 

Jenis pemasaran yang satu ini sering disebut dengan pemasaran siluman atau tak kasat mata. Hal ini disebabkan karena dalam proses pemasarannya, para konsumen tidak tahu menahu bahwa hal tersebut merupakan bentuk dari  strategi pemasaran. 

  1. Iklan Berbayar 

Iklan berbayar masuk dalam jenis marketing tradisional yang bisa mencakup beberapa pendekatan pemasaran. Model pendekatan yang masuk dalam jenis marketing ini meliputi iklan dalam bentuk media cetak maupun media iklan televisi. 

Selain dari media cetak dan televisi, ada satu media pendekatan pemasaran lain yang paling umum dan sering digunakan yaitu media internet. Pemasaran dan media internet ini meliputi iklan berbayar serta PPC atau bayar per klik. 

  1. SEO Marketing 

SEO Marketing atau yang dikenal dengan Search Engine Marketing adalah jenis pemasaran yang tergolong baru namun sudah cukup populer. Model pemasaran ini mengandalkan sistem optimasi pada sebuah situs website dengan tujuan agar barang atau jasa yang ditawarkan muncul pada search engine Google. 

Ketika Anda memanfaatkan SEO maka barang atau jasa yang Anda tawarkan dapat menjangkau serta menganalisa calon konsumen secara lebih spesifik. Jenis marketing yang satu ini dinilai ampuh untuk menaikkan profit dan meningkatkan pertumbuhan bisnis. 

  1. SEM 

Selain SEO masih ada SEM atau yang sering disebut dengan Search Engine Marketing. Tujuan dari penggunaan SEM adalah agar barang atau jasa yang Anda pasarkan muncul di halaman pertama pada mesin pencari. Tak hanya itu, jenis pemasaran ini juga dapat memaksimalkan adanya calon konsumen dengan menggunakan metode pay per click. 

  1. Word of Mouth 

Word of Mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut sering juga disebut dengan pemasaran offline. Pemasaran ini sepenuhnya bergantung kepada kesan atau pesan yang Anda tinggalkan kepada calon konsumen. 

Meski terbilang sebagai pemasaran tradisional, namun jenis pemasaran ini justru menjadi salah satu yang terpenting. Hal ini berporos pada sebuah prinsip bahwa didengarkan itu merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. 

Sehingga dapat diambil kesimpulan jika saat ini Anda bisa menyampaikan  promosi dengan sangat baik, maka kemungkinan Anda akan didengar menjadi lebih besar. Setelah konsumen mendengarkan Anda maka secara otomatis akan  tertarik dan bisa jadi akan menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan. 

Baca Juga : Strategi Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Mengenal Apa Itu 4P Marketing 

Dalam dunia marketing, Anda akan dikenalkan dengan istilah 4P Marketing. Ini merupakan istilah yang menjelaskan seputar bagaimana bentuk pemasaran yang bersinggungan dengan sebuah bisnis. 

Tak hanya itu, 4P juga bisa dikategorikan sebagai gabungan dari beberapa faktor yang dapat menentukan serta mempengaruhi masyarakat akan barang atau jasa yang ditawarkan. 4P Marketing sendiri meliputi beberapa hal yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Keempat hal ini menjadi kunci dan landasan dari suksesnya sebuah pemasaran atau marketing.  

Demikian pembahasan seputar pengertian, tujuan dan jenis-jenis marketing yang perlu Anda ketahui. Dari beberapa poin penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa membaangun strategi martketing snabat dibuytukan untuk meningkatkan perkembangan bisnis secara keseluruhan. 

Namun meski demikian, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu memastikan bahwa anggaran yang Anda gunakan untuk pelaksanaan pemasaran ini tercover dengan baik. Karena meski konsep marketing sudah dijalankan namun  jika anggaran tidak tertata dengan baik akan sama saja. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini. semoga menjadi wawasan baru untuk Anda khususnya generasi milenial yang ingin memulai bisnis. Jangan lupa share artikel ini agar banyak orang yang teredukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.