Strategi Branding di Medsos, brand bisnis, sosical, media sosial

Medsos menjadi sarana bersosialisasi sekaligus mengenalkan sebuah brand bisnis kepada orang orang tanpa mengeluarkan sepeser uang pun. Ini menjadi keunggulan dari sebuah branding sosial media, anda bisa berinteraksi dengan calon pelanggan, menemukan pelanggan baru, hingga mengenalkan produk anda kepada seluruh pengguna media sosial. untuk itu kita perlu melakukan Strategi Branding di Medsos untuk bisnis kita.

Di media sosial, ada istilah yang namanya branding. Branding adalah pencitraan supaya produk tersebut dapat dikenal, dapat menarik, dan dapat menempel di benak calon konsumen. Apa yang anda pikirkan jika melihat apel kroak? tentu brand Apple kan? nah itu lah yang menjadi manfaat dari sebuah branding. Jadi pelanggan akan lebih mudah mengingatmu disaat ingat sesuatu.

Hasil survey yang dilakukan oleh KataData menyebutkan bahwasannya pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 jt orang. Sedangkan pengguna internet pun juga sama 150 jt. Tapi di artikel ini kami hanya akan membahas strategi branding di media sosial. Karena menurut kami branding di medsos bisa dilakukan dengan efisien.

Strategy Branding di Medsos

Ada beberapa aturan yang harus anda perhatikan ketika ingin branding di media sosial. Ingat, media sosialk berperan sebagai 2 mata pisau. Jika kita tidak berhati hati, dikhawatirkan brand kita malah yang rusak karena kita salah strategi branding. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika strategi branding di medsos. Simak artikel berikut ini.

Baca Juga : 12 Macam-Macam Teknik Pemasaran yang Bisa Dicoba

Ketahui Target Market Anda, Gunakan Media Sosial sesuai dengan Target Anda

Tidak semua kalangan bermain media sosial yang sama. Semisal emak emak belum tentu memiliki Instagram. Begitu juga sebaliknya, anak muda jaman sekarang belum tentu juga bermain Facebook. Jadi ketahuilah terlebih dahulu target market anda lebih sering bermain media sosial yang mana.

Jika sudah ketemu, anda bisa langsung menyiapkan strategi branding selanjutnya. Buatlah konten yang memikat target market anda. Konten yang paling memikat biasanya berupa video, entertainment, dan edukasi. Perkuatlah interaksi diantara anda dengan calon konsumen anda. Sering seringlah berinterkasi di kolom komentar, membuat status, feed, story, dan direct massage. 

Ada yang perlu anda ingat, tidak semua media sosial harus anda garap. Cukup carilah media sosial yang menurut anda potensial untuk di branding. Semisal jika bisnis anda fokus pada B2B (Business to Business), maka anda bisa menggunakan Facebook. Namun jika bisnis anda B2C (Business to Customer), anda bisa menggunakan Instagram.

Gunakan Influencer untuk Memasarkan Produk anda

Tidak semua marketing harus menghasilkan closing, ada kalanya kita melakukan marketing untuk mengenalkan produk kita kepada orang. Strategi ini biasa disebut sebagai branding. Mempromosikan supaya produk anda diingat terlebih dahulu orang. Nah salah satu caranya ialah dengan menggunakan Influencer.

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh, orang yang dapat mempengaruhi followersnya. Jadi jika influencer itu berkata sesuatu, maka followers mereka bisa dengan mudah percaya dengan omongan dia. Para influencer ini memiliki followers yang sangat banyak, mulai dari ribuan hingga jutaan. 

Memang sih untuk jasa sekali posting di influencer lumayan mahal. Biasanya dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Carilah influencer yang sesuai dengan budget anda.

Sebelum Anda menggunakan jasa influencer untuk promosi dan branding, ada baiknya anda harus mengecek impression dan engagement suatu akun terlebih dahulu. Kadang banyak influencer yang memiliki followers banyak tapi semuanya bodong, tidak ada interaksi sama sekali, like nya sedikit, dan bahkan tidak terlalu terkenal. 

Bagaimana cara mengecek impression dAn engagement suatu media sosial? anda bisa mengunjungi social blade. Disana anda tinggal memasukan nama media sosial yang ingin dicek. Baru kemudian hasilnya akan keluar. Dengan data yang disajikan oleh social blade, anda bisa menakar seberapa worth it nya influencer tersebut.

Buatlah Konten yang Sesuai dengan Media Sosial

Membuat konten di Facebook tentu tidak bisa diterapkan juga di Instagram. Ada kebijakan kebijakan khusus yang membuat konten di Facebook tidak cocok untuk digunakan di Instagram, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu perhatikan setiap konten yang hendak anda buat.

Pembuatan konten yang menarik dapat meningkatkan awareness brand anda. Konten yang menarik akan memiliki interaksi yang sangat besar. Ini menjadi strategi branding di medsos yang paling mudah untuk dilakukan. Tetapi buatlah konten yang edukatif terlebih dahulu supaya brand anda dikenal oleh orang orang.

Baca Juga : Apa Yang di Maksud Strategi Pemasaran ?

Adakanlah Giveaway

Giveaway menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian banyak orang. Oleh karena itu, sesekali adakanlah giveaway supaya memikat perhatian banyak orang. Membuat giveaway tidak akan membuatmu rugi kok. Hitung hitung promosi gratis dari produk yang anda miliki. 

Anda bisa mengadakan giveaway apapun, entah itu barang yang anda jual, kupon, diskon, ataupun service tambahan. Karena dengan mengadakan giveaway, anda bisa memicu ketertarikan para audience. Yang semulanya audience tidak memperdulikan anda, kini dengan adanya giveaway konten anda akan ramai.

Ohh ya, anda tidak perlu memberikan giveaway terus menerus. Perhatikan pula engagement anda, jika selama anda membuat konten tidak ada perkembangan, anda bisa mengadakan giveaway tambahan. Namun jika engagement anda sudah bagus, tinggal gempur saja dengan soft selling, branding, atau copywriting yang cakep. Ini adalah strategi branding di medsos yang paling mudah dan ampuh.

Optimasi Akun Medsos Anda

Strategi branding di medsos terakhir yang harus anda perhaitkan betul ialah optimasi akun. Buatlah akun medsos anda seoptimal mungkin supaya dapat dikenali oleh algoritma media sosial yang anda gunakan. Lengkapilah komponen seperti foto profil yang menarik (sesuai dengan brand anda), lengkapi bio, lengkapi Instagram dengan konten menarik, optimalkan penggunaan hastag, dan lain sebagainya.

Dengan membuat akun medsos optimal, diharapkan akun medsos anda akan memiliki engagement yang tinggi, lebih mudah dipercaya, dapat perhatian khusus dari algoritma medsos, dan lain sebagainya. 

Di dalam pengoptimalan media sosial, anda juga harus memperhatikan pengisian bio yang sesuai dengan brand anda. Semisal, anda ingin mengenalkan diri anda adalah seorang Digital Marketer, maka anda harus mengisi bio sesuai dengan keahlian anda. Isi dengan singkat, padat, dan jelas, ini berfungsi untuk menyampaikan dan menyakinkan target market anda supaya menggunakan produk atau jasa anda.

Optimasi akun medsos tidak hanya sebatas memajang foto profil yang bagus dan membuat bio yang lengkap, tetapi juga optimasi konten. Buatlah konten yang maksimal dan bagus, sehingga dapat menarik pengguna. Pastikan konten anda bermanfaat untuk pembaca, sehingga users akan share akun anda dan menjadi alat promosi gratis.

Baca Juga : Bagaimana Mempersiapkan Bisnis Anda untuk Pandemi Covid

Demikian adalah penjelasan tentang strategi branding di medsos yang bisa anda lakukan. Pastikan anda melakukannya dengan benar, supaya strategi ini dapat berjalan dengan baik. Perlu dipahami juga, anda juga harus melakukan studi kasus supaya mendapatkan metode terbaik. Karena setiap orang, memiliki metode terbaiknya masing masing.

Kata Kunci Pencarian
Gunakan Media Sosial Sesuai Dengan Target Anda,Strategi Branding Di Medsos ,Strategy Branding Di Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published.