Langkah Menjadi Affiliate Marketer

Langkah Menjadi Affiliate Marketer dalam beberapa tahun terakhir bisnis digital semakin menunjukkan taring dan berkembang sangat pesat. Mencari cuan kini semakin mudah dengan adanya kemajuan teknologi.

Salah satu bisnis yang memanfaatkan perkembangan digital adalah affiliate marketer. Bisnis daring ini terbukti dapat menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah dengan cara yang bisa dikatakan mudah. Lalu apa itu affiliate marketer bagaimana langkah-langkah menjadi affiliate marketer?

Apa Itu Affiliate Marketer

Jika dijelaskan secara singkat, affiliate marketer adalah sebuah program yang akan membayar kamu saat berhasil menggaet banyak konsumen. Cara menggaet konsumen ini dilakukan dengan memanfaatkan kode referral yang biasanya berupa link afiliasi. Program ini bisa kamu temukan di marketplace terkenal seperti Amazon, Shoppe dan lain sebagainya.

Baca Juga : Apa itu Affiliate Marketing? Cara Kerja & Strategi Suksesnya

Lalu Apa Keuntungan Affiliate marketer?

Salah satu keuntungan affiliate marketer ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal atau bahkan gratis. Kamu hanya perlu melakukan registrasi lalu beriklan sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh pihak afiliasi yang kamu ikuti.

Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti program afiliasi yaitu peluang cuan sangat besar. Program afiliasi akan membayar kamu dengan komisi yang sesuai dengan konvensi yang telah kamu hasilkan. Jika kamu berhasil mendapatkan pengguna yang membeli atau memakai barang atau jasa kamu maka peluang untuk mendapatkan komisi akan jauh lebih besar.

Selain itu, mendaftar afiliasi ini juga tidak akan menyita jam kerja utama kamu karena waktu kerjanya sangat fleksibel. Kamu juga dapat melakukan pekerjaan ini kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Perusahaan afiliasi juga tidak akan menargetkan atau menuntut kamu untuk bisa meraih target.

Langkah-Langkah Menjadi Affiliate Marketer

Setelah mengetahui prospek dari affiliate marketing, kini kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu langkah-langkah menjadi affiliate marketer. Berikut adalah langkah mudahnya:

Baca Juga : Inilah Bisnis yang Dapat Dirintis Sejak Remaja
  1. Pilih dan Tentukan Jenis Afiliasi Apa yang Akan Kamu Pilih

Saat ini sudah banyak program afiliasi yang bisa kamu pilih seperti platform jual beli online hingga pelayanan jasa. Kamu bisa menyesuaikan program yang akan kamu pilih sesuai dengan jenis konten, reputasi perusahaan, komisi, kondisi pasar dan lain sebagainya.

Setelah jenis program ditentukan selanjutnya tinggal daftar sebagai affiliate marketer di perusahaan yang telah kamu pilih. Untuk prosedur pendaftarannya tinggal mengikuti langkah-langkah yang dibuat oleh perusahaan afiliasi tersebut.

  1. Menentukan Jenis Media yang Akan Digunakan Untuk Promosi

Selanjutnya, tinggal pilih jenis media sosial apa yang akan kamu gunakan untuk promosi program afiliasi. Kamu bisa menggunakan banyak akun media sosial seperti Website, Blog, YouTube, Email dan lain sebagainya.

Atau jika tidak sesuaikan dengan passion yang kamu miliki saat ini. Jika kamu memiliki bakat menulis, maka bisa memilih Blog atau Website. Atau jika kamu memiliki bakat membuat konten video dapat memanfaatkan media YouTube sebagai lahan berkonten.

  1. Membuat Konten

Buat konten sesuai dengan jenis atau produk afiliasi yang sudah kamu pilih. Untuk jenis konten yang bisa kamu pilih bisa berupa ulasan, review atau video pada channel YouTube. Untuk konten yang akan kamu buat harus menarik dan kreatif agar banyak orang yang tertarik.

  1. Melakukan Promosi

Setelah membuat konten afiliasi, langkah terakhir adalah promosi sesuai dengan media yang telah kamu pilih. Jika kamu menggunakan blog maka tinggal sematkan link afiliasi pada tulisan lalu optimasi dengan SEO.

Bagaimana, tertarik untuk mendapatkan cuan lewat afiliasi marketing? Yuk, coba sekarang juga dengan mengikuti langkah-langkah menjadi affiliate marketer seperti yang telah dijelaskan diatas. 

Kata Kunci Pencarian
beach waves

Leave a Reply

Your email address will not be published.