cara dapat uang dari shopee affiliate

Salah satu program dari Shopee yang bisa dimanfaatkan oleh content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah Shopee Affiliate. Dalam program ini, content creator diharuskan mempromosikan produk-produk yang ada di Shopee melalui berbagai media sosial. Bila tertarik, cara dapat uang dari Shopee Affiliate pun sangat mudah. Yakni dengan mengikuti petunjuk praktis yang akan dijabarkan di bawah ini, sebagai berikut:

Keuntungan Shopee Affiliate

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan sosial media saja, siapapun bisa mendapatkan tambahan uang. Program Shopee Affiliate ini diperuntukkan untuk siapapun yang memiliki banyak followers di akun sosial medianya. Adapun keuntungan dari program ini antara lain:

  • Bebas untuk memilih produk mana yang ingin dipromosikan;
  • Bersifat fleksibel karena tidak ada kontrak yang mengikat;
  • Mudah dan sederhana;
  • Pembayaran sangat transparan karena disesuaikan dengan performa jumlah pembelian serta custom link; dan
  • Disediakan komisi menarik, dihitung dari harga produk yang terjual, yaitu hingga 10% dengan batas maksimal 10 ribu rupiah di setiap transaksi.

Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate

Program Shopee Affiliate ini sangat sayang untuk dilewatkan. Selain komisi yang ditawarkan sangat menarik, cara dapat uang dari Shopee Affiliate juga sangat mudah dilakukan. Berikut ini langkah mendapatkan tambahan uang dari Shopee Affiliate yang wajib dipahami:

1. Daftar Shopee

Untuk bisa mengikuti program Shopee Affiliate, maka perlu terdaftar di akun Shopee terlebih dahulu. Bagi yang belum mempunyai akun Shopee, maka bisa merunut instruksi di bawah ini:

  • Pastikan telah mempunyai aplikasi Shopee atau mengakses via website;
  • Daftar Shopee dengan klik Daftar dan masukkan nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp. Lalu klik Berikutnya. (Alternatif lain pengguna bisa mendaftar melalui email, Facebook maupun akun Apple);
  • Verifikasilah data menggunakan 6 digit kode yang dikirimkan admin; dan
  • Buat password dan klik Daftar.

2. Daftar Shopee Affiliate

Apabila sudah memiliki akun Shopee, langkah selanjutnya adalah mendaftar Shopee Affiliate. Cara mendaftar Shopee Affiliate sangat mudah, yaitu dengan mengikuti langkah berikut:

  • Mulailah dengan masuk ke akun Shopee dan klik Masuk Sekarang pada jendela program Shopee Affiliate;
  • Kemudian akan ditampilkan formulir pendaftaran pada halaman baru;
  • Isilah formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap; dan
  • Tunggu konfirmasi dari Shopee apakah pengajuan diterima atau ditolak.

3. Cari Produk

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari produk terlaris yang ada di Shopee. Pastikan untuk mencari produk dari Star Seller, Shopee Mall, maupun Star+. Selain itu, pastikan review dari produk tersebut juga baik. Sehingga tidak akan mengecewakan customer.

Apabila sudah menemukan produk yang tepat, maka dapatkan custom link dari produk tersebut. Custom link inilah yang nantinya harus dicantumkan ketika melakukan promosi. Salin custom link yang sudah didapatkan. Kemudian tempel di berbagai sosial media yang dimiliki. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube dan lainnya.

5. Buat Konten Menarik

Promosi tidak hanya dilakukan dengan menempelkan custom link pada akun sosial media saja. Akan lebih baik ketika seseorang membuat konten menarik dari produk tersebut. Ajak followers untuk membeli produk yang dipromosikan melalui custom link yang sudah dibagikan.

6. Kumpulkan Komisi dan Aktifkan Shopeepay

Apabila ada orang lain yang berhasil membeli produk melalui link yang sudah dibagikan tersebut, maka otomatis akan mendapatkan komisi. Di mana komisi yang ditawarkan sesuai dengan harga jual barangnya.  Pembayaran komisi akan dilakukan dua kali di setiap bulan, yaitu pada minggu pertama dan ketiga. Maka dari itu, pastikan ShopeePay sudah diaktifkan agar dapat menerima pembayaran komisi dari Shopee.

Itulah beberapa keuntungan serta cara dapat uang dari Shopee Affiliate dengan mudah. Agar komisi berjalan dengan lancar, pastikan untuk tidak melakukan kecurangan dalam transaksi. Seperti bekerja sama dengan penjual atau pembeli dalam bertransaksi dengan menggunakan link referral yang dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.