Ingin menambah uang jajan tapi bingung caranya? Tenang, ada Tokopedia! Tokopedia saat ini memiliki program affiliate yang mana pengguna setia aplikasi ini dapat bergabung walau tidak banyak memiliki followers. Dengan cara daftar affiliate Tokopedia, seorang akan mendapatkan cuan dari setiap pembelian yang dijalankan orang lain melalui link yang dibagikan. Tentunya ini bisa menjadi penghasilan alternatif yang menggiurkan. Apalagi mendaftar pada program ini cukup mudah untuk dilakukan.

5 Cara Daftar Affiliate Tokopedia dengan Mudah

Seseorang hanya perlu aktif sebagai pengguna Tokopedia dan sosial media serta memiliki kreativitas dalam memasarkan produk. Selain kemudahan tersebut, program affiliate di Tokopedia memiliki banyak keunggulan, di antaranya mendapatkan komisi atas penjualan produk yang besar. Daripada semakin penasaran, mari simak ulasan berikut ini!

1. Buat Akun Tokopedia

Ketika ingin bergabung, cara daftar affiliate Tokopedia yang pertama yaitu membuat akun di aplikasi Tokopedia terlebih dahulu dengan cara mengunduhnya. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android maupun IOS. Setelah selesai mengunduh, peserta akan diminta untuk membuat akun Tokopedia dengan mengisi form pendaftaran.

Selanjutnya, calon peserta akan menerima SMS atau email berupa kode OTP sebagai bentuk verifikasi apakah data yang dimasukkan benar-benar milik pengguna. Setelah itu, akun akan kembali ke menu Login. Jadi segera saja lakukan login ulang. Maka setelahnya, akun Tokopedia pun telah selesai dibuat.

2. Pilih Fitur Akun 

Apabila sudah berhasil masuk ke dalam akun Tokopedia, peserta afiliasi akan diarahkan untuk mengisi form untuk mengajukan affiliate. Setelah akun affiliate disetujui, peserta dapat memilih fitur Post Product by.Me. Pada awal halaman, para peserta affiliate akan diminta mengisi username utama affiliate yang telah terdaftar.

Pada fitur ini, akan muncul pilihan produk-produk yang bisa dipromosikan. Produk yang dapat dipilih minimal 1 produk, dari berbagai jenis barang yang tersedia untuk dipromosikan. Barang tersebut dapat berupa fashion, alat kecantikan, hingga alat kesehatan.

3. Tentukan Produk

Tahap selanjutnya adalah memilih produk. Pada fitur By Me tadi, akan muncul berbagai pilihan produk mulai dari fashion, alat kecantikan, hingga alat kesehatan dan olahraga. Peserta affiliate dapat memilih sesuai dengan ketertarikan dan keinginan.

Jenis produk yang dipilih sebaiknya hanya 1 jenis. Hal ini dilakukan agar peserta dapat fokus pada barang yang akan dijual, yang baiknya seragam supaya tidak membingungkan. Selain itu, apabila jenis produk yang dipilih sama, dapat menaikkan kemungkinan produk-produk tersebut laku di pasaran.

4. Posting Produk

Setelah memilih produk, di sinilah kemampuan marketing peserta affiliate akan diuji. Peserta perlu mengunggah produk yang telah dipilih untuk dipromosikan. Agar produk lebih menarik, perlu dijelaskan mengapa produk tersebut dapat disukai atau dibeli. Misal ini dapat dijalankan dengan menyampaikan keunggulan dari produk agar pembeli yang melihatnya lebih tertarik.

Karena hal tersebut, maka pemahaman atas produk sangat penting dalam promosi, agar pembeli juga mengetahui tentang produk yang akan dibeli. Terlebih, jika disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, pembeli akan semakin tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. 

Tahapan terakhir adalah membagikan link toko atau produk yang berhasil diunggah. Agar penjualan produk bisa lebih meluas, peserta afiliasi perlu membagikan link produknya ke media sosial atau website yang dimiliki. Cara menampilkan link tersebut adalah dengan menyalin alamat URL produk yang di affiliate.

Setelah itu, URL tersebut dapat ditempel pada postingan di media sosial. Hal tersebut dilakukan agar orang yang melihat dapat langsung terhubung dengan toko atau produk yang peserta promosikan. Jika transaksi berhasil dilakukan melalui link, pundi-pundi pun dapat dikumpulkan. 

Itulah 5 cara daftar affiliate Tokopedia yang simple dan mudah. Program ini dapat dijadikan sebagai kerja tambahan karena penghasilan yang didapat lumayan besar. Yakni 1 produk yang berhasil terjual bisa mendapatkan komisi maksimal Rp 25.000,-. Jadi, tunggu apa lagi, ayo bergabung dan dapatkan hasilnya!

Kata Kunci Pencarian
affiliate tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.