contoh komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi di dunia bisnis yang berperan penting dalam menyampaikan pesan kepada seluruh stakeholder secara non verbal atau verbal. Tujuannya yaitu agar mewujudkan komunikasi yang efektif dalam mencapai tujuannya.

5 Contoh Komunikasi Bisnis dan Penerapannya

Setelah mengetahui pengertiannya, langsung ke penjelasan contoh komunikasi bisnis dan penerapannya pada perusahaan.

1. Komunikasi Menggunakan Aspek Teknologi

Komunikasi bisnis tidak hanya melalui tatap muka saja, melainkan melalui teknologi pun dapat dilakukan. Apalagi zaman sekarang teknologi memegang peranan penting dalam segala hal, misalnya adalah email, internet dan telepon. Email merupakan teknologi utama pada komunikasi bisnis yang biasa digunakan oleh perusahaan marketplace atau ecommerce.

Contoh penerapannya yaitu penawaran produk melalui email marketing beserta bonus yang didapatkan. Internet dan telepon telah menciptakan peluang berbisnis baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peran telepon dalam dunia bisnis menjadikan interaksi dapat dilakukan walaupun di lokasi yang berbeda.

Dengan adanya perkembangan internet, membuat aktivitas menelpon tidak hanya sebatas audio melainkan juga audio visual. Contohnya adalah di saat pandemi berlangsung telemarketing dapat dilakukan melalui video call.  

2. Komunikasi Melalui Aplikasi

Metode komunikasi melalui aplikasi adalah contoh komunikasi bisnis selanjutnya. Pada metode ini prosesnya jauh lebih efektif bila dibandingkan melalui telepon. Bekerja melalui aplikasi seperti pembentukan grup di WhatsApp dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, perusahaan ecommerce menggunakan strategi komunikasi bisnisnya melalui online yang terbukti bahwa saat ini  merupakan cara yang paling digemari masyarakat.

3. Komunikasi Lewat Media Sosial

Komunikasi bisnis melalui media sosial adalah cara yang paling banyak digunakan di masa era digital. Misalnya adalah memasang iklan produk atau endorsement melalui unggahan media sosial. Melalui cara ini, konsumen akan memberikan testimoni baik pada YouTube, Twitter, Instagram maupun Facebook. Melalui cara inilah setiap unggahan akan dihitung parameter Reach (jumlah akun yang melihat unggahan) sebagai faktor kesuksesan.

4. Komunikasi Secara Internal

Adapun komunikasi bisnis internal merupakan komunikasi yang dilakukan secara tatap muka baik secara formal maupun informal. Komunikasi ini terbukti efektif dalam menjalin kerjasama, membangun sebuah kepercayaan dan tingkat kepuasan kerja. Contoh komunikasi internal formal adalah adanya perubahan jam kantor oleh manajemen, di mana hal ini dikomunikasikan melalui surat edaran atau email.

Komunikasi bisnis internal informal biasanya cenderung terjadi di tempat kerja seperti percakapan sederhana sesama karyawan. Komunikasi ini merupakan aspek penting dalam penyampaian saran dan ide dengan cepat.

Sehingga memungkinkan adanya proses pembelajaran di tempat kerja. Selain itu dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kreativitas. Contohnya dengan mendirikan tempat pertemuan, kantin dan area rekreasi di perusahaan.

5. Komunikasi Secara Eksternal

Kemudian, komunikasi bisnis secara eksternal yaitu komunikasi yang terjadi pada orang di luar organisasi. Model komunikasi ini sangat mempengaruhi merek dan citra sebuah perusahaan sehingga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Contohnya adalah fungsi Customer Service di dalam suatu perusahaan yaitu menerima saran, keluhan dan kritik dari konsumen. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan dalam memperbaharui produknya.

Inilah informasi mengenai lima contoh komunikasi bisnis dan penerapannya pada perusahaan. Metode komunikasi bisnis ini sangatlah penting diterapkan di dalam pergulatan dunia bisnis yang semakin ketat sekarang ini. Begitu juga dengan tantangan yang dihadapi saat, justru akan memicu adanya perbaikan dan adaptasi komunikasi bisnis agar semakin lebih baik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.