bentuk komunikasi bisnis

Sudah bukan ilmu baru lagi bahwa dalam dunia bisnis, komunikasi menjadi sangat penting. Pasalnya dengan menjalin komunikasi yang baik maka tujuan dari bisnis tersebut akan mudah untuk tercapai. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian singkat, jenis dan bentuk komunikasi bisnis secara umum:

Pengertian Komunikasi Bisnis

Sebelum membahas mengenai bentuk-bentuk dalam komunikasi bisnis. Maka pembaca juga harus mengetahui maksud dari komunikasi bisnis. Bisa diterangkan secara sederhana bahwa komunikasi bisnis adalah bentuk komunikasi yang bisa dilakukan baik yang berbentuk verbal maupun non verbal. 

Pembagian Bentuk Komunikasi Bisnis

Adapun setelah mengetahui pengertian singkatnya, pembaca harus mengetahui bagaimana bentuk komunikasi bisnis itu sendiri. Berikut ulasan lengkapnya ada di bawah ini:

1. Komunikasi Verbal

Membicarakan mengenai komunikasi verbal, sebenarnya kata verbal dimana komunikasi yang dimaksud disini adalah secara tertulis maupun lisan. Tentunya sebagai komunikasi antar sesama maka digunakan bahasa yang lebih mudah dipahami alias lebih terstruktur dan terorganisir dengan baik. Sehingga apapun yang akan disampaikan akan mudah untuk diterima.

Adapun contoh dalam dunia bisnis, komunikasi verbal digunakan pada saat menjalankan acara bersama seperti seminar, rapat dan sebagainya yang berhubungan dengan operasional. Maka dari itu pelaku bisnis harus bisa dan terlatih dalam melakukan komunikasi verbal. 

Pasalnya saat komunikasi verbal tidak dikuasai dengan baik akan muncul kerancuan di dalamnya. Seperti mengalami keterbatasan kata, dimana kondisi ini akan membuat pelaku bisnis sulit menyampaikan gagasan atau pendapatnya. Selain itu bisa menghasilkan bahasa yang ambigu dimana hal ini sering membuat salah paham karena terdapat persepsi yang berbeda terhadap kata tertentu.

Munculnya kesulitan dalam membedakan kata kata, terlebih pada kata-kata bias. Hal ini sering terjadi pada bahasa daerah. Misalnya kata yang sama akan memiliki dua makna yang jauh berbeda. Sehingga jika tidak dipahami konteksnya dengan benar akan membuat salah paham. Jadi, akan menimbulkan informasi yang tidak tepat sasaran.

2. Komunikasi Non Verbal

Setelah membahas mengenai penjelasan komunikasi Verbal, maka saatnya pembaca juga memahami mengenai komunikasi Non Verbal. Dimana komunikasi non verbal secara sederhana dipahami dengan berlangsungnya sebuah komunikasi namun menggunakan tanda, simbol dan bahasa tubuh. 

Namun, penggunaan simbol ataupun tanda tersebut sudah bisa dipahami kedua belah pihak sehingga akan memberikan deskripsi terhadap sesuatu yang hendak disampaikan. Adanya komunikasi baik verbal maupun non verbal keduanya saling melengkapi satu dengan yang lain. 

Jenis Komunikasi Bisnis

Sedangkan jika membahas mengenai jenis komunikasi bisnis, hal ini berkaitan dengan menurut penyampaiannya. Maka komunikasi bisnis ada dua yaitu pertama komunikasi lisan alias verbal. Kemudian ada juga yang kedua yaitu komunikasi tertulis yang biasanya digunakan pada kertas perjanjian dan lain-lain. 

Adapun berdasarkan pada perilaku bisnis maka jenis komunikasi dibedakan lagi menjadi komunikasi formal dimana dalam hal ini komunikasi menggunakan kaidah EYD yang tepat. Biasanya digunakan saat mengadakan rapat atau seminar. Sedangkan komunikasi informal digunakan saat waktu santai atau bisa digunakan sebagai bahasa antar sesama dengan jabatan yang sama. 

Sedangkan menurut ruang lingkupnya komunikasi bisnis dibagi menjadi komunikasi internal. Misalnya komunikasi horizontal yang dilakukan antar karyawan. Lalu komunikasi vertikal yang dilakukan oleh staff kepada pimpinan. Sedangkan komunikasi diagonal yang dilakukan antar pimpinan. Sedangkan untuk yang komunikasi eksternal dilakukan pada karyawan perusahaan dengan nasabah atau individu diluar perusahaan. 

Demikian itu beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian dari komunikasi bisnis. Serta juga telah dipaparkan mengenai jenis dan bentuk komunikasi bisnis yang harus dipahami oleh semua pelaku bisnis. Tentunya dengan memahaminya bisa menjalani bisnis dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.