Setiap pelaku bisnis pasti ingin menunjukkan eksistensi kegiatan usahanya. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menambahkan lokasi bisnis di Google Maps agar lebih dikenal masyarakat. Untuk itu, perlu diketahui cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Pelaku bisnis dapat mencoba menambahkannya di perangkat apapun, berikut uraian langkahnya:.

Menggunakan Laptop atau PC

Cara pertama yang akan dibahas adalah menggunakan PC atau laptop. Pelaku bisnis dapat menambahkan lokasi bisnis di Google Maps dengan bantuan laptop ataupun PC. Untuk memudahkan dalam memahaminya, silakan disimak penjelasan berikut:

1. Buka Google Maps di Search Engine

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Google Maps di layanan search engine seperti Browser, Mozilla, atau Google Chrome. Pelaku bisnis dapat mengetikkan “Google Maps” di menu pencarian. Apabila sudah ditemukan, pilih bagian yang paling sesuai dengan yang dicari, biasanya terletak di posisi paling atas.

2. Tambahkan Data Lokasi Bisnis

Langkah berikutnya adalah menambahkan detail lokasi bisnis yang sedang dijalankan. Langkah ini menjadi cukup penting dan perlu diperhatikan kelengkapan sekaligus keabsahan dari data yang dimasukkan. Berikut akan dijelaskan detail uraian langkah-langkahnya:

  • Lakukan klik di tombol yang berbentuk tiga baris horizontal yang terletak di ujung kiri bagian atas.
  • Pilih opsi Tambahkan Bisnis Anda.
  • Lakukan pengisian nama profil bisnis secara detail.
  • Pilih kategori bisnis.
  • Lakukan pengisian kelengkapan data, seperti email, website, dan juga nomor telepon.
  • Pilih tambahkan gambar bisnis atau usaha, seperti toko, warung, dan lain-lain.
  • Pilih Submit.

3. Tunggu Verifikasi Google

Apabila pelaku bisnis sudah mengikuti langkah 1 dan langkah 2, terakhir bisa melakukan Submit dari data yang diisikan. Langkah selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi dari pihak Google. Perlu diperhatikan bahwa setelah mengisi form pengajuan Tambahkan Lokasi Bisnis, pelaku bisnis perlu mengecek email untuk melihat kembali data yang dimasukkan.

Penting untuk dilakukan pengecekan kembali agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari. Kemudian, pelaku bisnis cukup menunggu proses konfirmasi dari Google yang berjarak waktu 2 hingga 3 hari lamanya. Selanjutnya, alamat atau lokasi bisnis pun sudah ditambahkan oleh Google. Apabila terdapat kendala maka bisa segera menghubungi pihak Google.

Menggunakan Smartphone

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang kedua adalah melalui bantuan smartphone. Pelaku bisnis dapat melakukan langkah yang akan dijelaskan di bagian selanjutnya. Pada umumnya, langkahnya sama baik di perangkat smartphone Android atau iPhone. Silakan disimak berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Install Aplikasi Google Maps

Langkah pertama adalah mengunduh Google Maps. Cara ini dapat dilakukan melalui layanan Playstore atau sejenisnya. Pelaku bisnis dapat mengunduh Google Maps dan memastikan aplikasi sudah ter-update ke versi terbaru.

2. Buka Aplikasi Google Maps

Langkah yang kedua dalam cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps masih berhubungan dengan langkah pertama. Setelah aplikasi berhasil diunduh di perangkat, silakan buka aplikasi Google Maps. Saat pertama kali membuka, akan ada notifikasi yang mengharuskan pengguna mengaktifkan fitur tersebut.

3. Lakukan Proses Login Akun

Kemudian pengguna selaku pelaku usaha dapat melakukan login akun. Dari email ini nantinya dapat digunakan sebagai proses menuju login untuk menambahkan lokasi bisnis. Sebagai informasi, akun dapat ditambahkan akun pribadi ataupun akun bisnis.

4. Pilih Tambahkan Tempat Bisnis dan Lengkapi Data

Selanjutnya dapat dipilih opsi Tambahkan Tempat Bisnis atau Add Your Business. Setelah berhasil memilih opsi tersebut, akan muncul pilihan untuk mengisi form aplikasi bisnis. Langkah berikutnya adalah mengisi form secara lengkap, diantaranya: nama tempat, kategori, alamat lengkap, website, dan nomor telepon.

5. Tunggu Peninjauan Ulang oleh Google

Terakhir, pelaku bisnis tinggal menunggu peninjauan ulang. Proses konfirmasi ini dilakukan oleh pihak Google guna mengecek kembali data yang diisikan. Setelah berhasil diverifikasi makka nama lokasi bisnis pun sudah terdaftar di laman search engine Google Maps.

Demikian pembahasan mengenai cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Pelaku bisnis dapat melakukan pengisian data di perangkat Laptop atau PC maupun smartphone. Dapat disimpulkan bahwa langkah tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan lebih praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.