Memiliki akun bisnis instagram memiliki banyak keuntungan karena dapat mempromosikan lebih mudah. Walaupun simpel, banyak orang akhirnya ingin mengetahui cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram karena usaha tidak menemukan titik terang. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Menu Profil

Ketika pertama kali membuka instagram, pengguna akan masuk beranda dan melihat kiriman instagram orang yang diikuti. Pilih menu profil yang ada di sebelah sudut kiri bawah. Pada bagian ini, pengguna bisa mengontrol profil dan diatur sesuai keinginan. Apabila ingin menghapus postingan produk, dapat memilih foto yang hendak dihapus.

2. Buka Pengaturan

Memasuki cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram selanjutnya ada pada pojok kanan atas. Pada aplikasi ikonnya berbentuk tiga garis, sedangkan pada web, bentuknya gir. Dalam menu ini, pengguna bisa mengatur akun yang dimiliki. Mulai dari sandi, notifikasi, privasi, keamanan, iklan, pembayaran, bantuan, dan jenis akun yang dipilih.

3. Pilih Pengaturan Akun

Pada pilihan ‘Akun’, akan muncul berbagai pengaturan. Seperti postingan yang disimpan, teman dekat, pilihan bahasa, kontak, akun tertaut, penggunaan data, hingga peralihan akun. Di antara jenis akun yang bisa dipilih adalah akun bisnis, akun kreator, dan akun pribadi. Selanjutnya, pilih “Beralih ke Akun Pribadi” untuk mengubah akun.

4. Konfirmasi

Setelah memilih akun pribadi, ada jendela yang muncul untuk mengonfirmasi keinginan peralihan akun. Jika setuju, halaman akan membuka login menuju akun Facebook yang pernah terhubung dengan Instagram. Setelah itu pilih lanjutkan dengan nama akun yang tertera.

Pengguna juga bisa memutuskan tautan di pengaturan akun tertaut pada pengaturan akun instagram sebelumnya. Akun yang tertaut tersebut bermanfaat agar ketika mengirim postingan Instagram, akun Facebook otomatis mengunggah kiriman yang sama. Dengan demikian, tidak perlu berpindah aplikasi untuk posting satu konten yang sama.

5. Penggunaan Akun Pribadi

Halaman selanjutnya muncul sebagai akun dengan mode akun pribadi. Pada halaman ini, halaman profil tidak akan memiliki perubahan apapun. Pengguna bisa langsung mengatur hal-hal pribadi apa yang ingin diunggah dan pembaharuan bio akun. Informasi seputar kontak bisnis bisa diedit manual dan diganti sesuai keinginan.

Pengguna juga bisa mengembalikan akun ke bisnis lagi dengan cara yang sama. Jika ingin mengatur akun seperti ini, siapkan tim admin sosial media agar tidak terpaku pada retensi sosial media. Bisa juga mengatur akun dengan bantuan aplikasi khusus untuk mengatur sosial media yang dimiliki.

6. Hilangnya Beberapa Fitur Bisnis

Selama menggunakan fitur akun bisnis, ada fitur insight yang membantu konten lebih menarik perhatian pengunjung akun. Fitur tersebut tidak dapat digunakan di akun pribadi karena pengguna sudah tidak membayar biaya pada akun pribadi. Data-data yang dulunya dapat digunakan untuk melihat interaksi, sudah tidak bisa diakses.

7. Penggantian Foto Profil

Apabila pengguna sudah memakai akun pribadi, foto profil yang tadinya logo perusahaan dapat diganti dengan foto pribadi. Karena itu, buat foto terlihat sejelas mungkin yang dipotret oleh orang lain. Hindari foto profil yang terlalu kecil atau tidak memuat wajah karena tidak menggambarkan akun pribadi pengguna.

Demikian penjelasan tentang cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram. Selanjutnya, pengguna bisa mengunggah kegiatan pribadi maupun perusahaan tanpa akun bisnis. Untuk beralih lagi, caranya masih sama hanya pilih akun bisnis atau kreator. Peralihan akun hanya berdampak pada jenis akun dan tidak otomatis mengubah isi postingan akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.