Shopee merupakan sebuah platform jual beli online yang lumayan terkenal di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kurang lebih seratus dua puluh sembilan juta orang mengunjungi platform ini perbulannya.

Cara Mudah Posting Jualan di Shopee untuk Seller Pemula

Pemula yang merintis bisnis jual-beli online dapat mempertimbangkan platform ini sebagai media penyaluran. Di bawah ini terdapat cara posting jualan di Shopee bagi seller pemula. Yuk simak!

1. Daftar Akun Shopee

Sebelum memulai berjualan online di Shopee, seller tentunya harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun terdaftar tersebut yang dapat digunakan sebagai media berjualan online. Mendaftar akun di Shopee terdapat tiga pilihan cara.

Antara lain; menggunakan akun Facebook, menggunakan nomor telepon, dan menggunakan email. Calon seller dapat memilih salah satu opsi yang sesuai untuk mendaftar akun. Setelah itu, barulah seller dapat menggunakan akunnya dengan benar.

2. Verifikasi Akun

Seller pemula yang ingin merambah dunia jual-beli di Shopee harus memastikan bahwa akun miliknya telah diverifikasi. Proses ini bertujuan untuk mengamankan akun jualan dari peretasan dan pembobolan akun oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Terdapat beragam metode verifikasi yang ditawarkan Shopee, meliputi; verifikasi kartu identitas (KTP), link verifikasi, nomor telepon, e-mail, password akun, dan autentikasi identitas wajah. Setelah melalui segala proses verifikasi dengan runtut, maka akun sudah dapat dioperasikan sebagaimana mestinya.

3. Lengkapi Profil Toko

Sebelum beralih ke cara posting jualan di Shopee, seller harus melalui langkah ini terlebih dahulu. Profil toko harus diisi semenarik mungkin dengan tujuan menarik minat pelangan lebih banyak. Selain itu, profil yang menarik dapat menjadi peluang branding produk jualan.

Pada langkah ini, seller perlu mengisi beberapa data berupa nama toko, deskripsi gambar, dan hal yang berkaitan dengan tokoh. Lengkapi data semenarik mungkin agar pembeli semakin tertarik mengunjungi toko serta membeli produk.

4. Tentukan Jasa Kirim

Memilih jasa pengiriman barang juga termasuk tahapan krusial dalam proses jualan online di Shopee. Alasannya karena pengaturan sistem Shopee mewajibkan seller untuk menyelesaikan langkah ini dengan benar.

Selain itu, menentukan jasa kirim yang tepat juga dapat mempermudahkan proses penyaluran barang kepada pembeli. Maka seller harus memilih jasa kirim yang available di tempat agar tidak terdapat kesalahan pengiriman barang.

5. Tambahkan Rekening Bank

Penambahan rekening bank pada akun Shopee milik seller tentunya bertujuan untuk menyalurkan dana penjualan. Jadi, saldo dari pembeli yang telah menerima barang akan dicairkan ke rekening penjual. Dalam penambahan rekening bank, seller dapat mengisi lebih dari satu pilihan rekening.

Proses pencairan saldo dana memerlukan waktu selama satu kali dua puluh empat jam setelah pembeli memencet opsi Pesanan Diterima. Dana tersebut dapat dilihat pada menu Riwayat transaksi saldo penjual.

6. Posting Produk

Apabila serentetan langkah di atas sudah dilakukan secara runtut, maka proses jual-beli produk secara online sudah bisa dilakukan. Seller sudah bisa menjualkan produk melalui postingan di toko. Inilah cara posting jualan di Shopee:

  • Tekan menu Saya pada aplikasi Shopee
  • Apabila sudah, segera pilih opsi Mulai Jualan
  • Klik ikon Tambahkan Produk
  • Pengguna akan dialihkan pada laman berisi kolom-kolom data produk, pastikan untuk mengisi seluruh kolom yang memiliki tanda bintang
  • Apabila seluruh kolom, terutama yang ditandai bintang telah terisi, tekan Publish

Demikianlah ulasan mengenai cara posting jualan di Shopee bagi seller pemula. Langkah-langkah di atas harus dilakukan secara runtut agar produk dapat terjual dengan benar. Link toko juga dapat disematkan dalam bio di seluruh media sosial agar promosi lebih meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.