Banyak orang yang juga merasa tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Jurusan Administrasi Bisnis. Apalagi, di Indonesia ini juga sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan tersebut dengan kualitas baik. Namun, orang-orang juga sangat perlu mengetahui lebih dalam lagi tentang jurusan ini. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Jurusan Administrasi Bisnis?

Pada jurusan Administrasi Bisnis ini akan berfokus pada pengelolaan kantor baik secara organisasi maupun fisik. Selain itu, mahasiswanya harus dapat melakukan pengoptimalisasi terhadap sarana kantor dan proses data yang dijadikan informasi bagi daya tarik bisnis.

Lalu, mahasiswa juga melakukan banyak kajian terhadap berbagai kebijakan di sektor bisnis. Sesuai dengan jurusannya, maka mata kuliah yang akan dipelajari pun juga tidak jauh dari komunikasi pemasaran, sales management, dan pemasaran internasional.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Jurusan ini ternyata memiliki prospek kerja yang juga sangat menjanjikan bagi para lulusannya. Apalagi gaji yang bisa didapatkan para pekerja yang berasal dari jurusan ini pun juga tidaklah kecil. Adapun untuk beberapa prospek kerja dari jurusan ini yang menjanjikan, yaitu:

1. Staf Administrasi

Salah satu prospek kerja yang paling banyak diminati oleh para lulusan jurusan ini, yaitu staf administrasi. Pada suatu perusahaan pun nantinya staf administrasi ini akan dibagi lagi menjadi beberapa posisi, yaitu administrasi umum, gudang, dan perpajakan. Adapun tugas seorang staf administrasi, yaitu melakukan rekapitulasi data-data yang ada di suatu perusahaan.

Lalu, untuk gaji yang bisa didapatkan dari seorang staf administrasi, yaitu berkisar Rp. 3.000.000,- ke atas. Gaji itu pun juga masih bisa meningkat, jika kualitas lulusan administrasi bisnis semakin berkualitas baik.

2. Manajemen Perusahaan

Seorang lulusan administrasi bisnis memang diharuskan sudah berkompeten dalam hal manajemen dengan fokus pada keadministrasian perusahaan. Oleh karena itu, bagi lulusan jurusan ini bisa juga bekerja sebagai manajer pada suatu perusahaan. Lalu, dalam proses pekerjaannya juga diperlukan kemampuan untuk mengambil suatu keputusan dengan baik.

Selain itu, bagi orang yang ingin menambah kemampuan dalam manajemen perusahaan, maka bisa mengikuti MT atau program management trainee. Adapun untuk gaji yang bisa didapatkan melalui pekerjaan ini, yaitu berkisar Rp. 5.000.000,- dan bahkan bisa lebih.

3. Staf Pemasaran

Bagi para lulusan jurusan Administrasi Bisnis ternyata juga bisa berpeluang untuk bekerja menjadi staf pemasaran di suatu perusahaan. Adapun pekerjaannya yaitu meningkatkan penjualan produk atau jasa dengan mempromosikannya.

Kemudian, staf pemasaran ini juga digunakan untuk mengadakan kekreatifan terhadap produk atau jasa tersebut di mata konsumen. Lalu, untuk gaji yang bisa didapatkan oleh orang yang bekerja sebagai staf pemasaran, yaitu sekitar Rp. 5.000.000,-.

4. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis ini bekerja untuk memberikan nasihat kepada klien dalam aspek bisnis tanpa memberikan kewenangan untuk melakukan kebijakan. Adapun dalam konsultan ini juga dibagi menjadi dua, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Adapun gaji yang bisa didapatkan jika menjadi seorang konsultan bisnis, yaitu berkisar Rp. 5.000.000,-.

5. Pebisnis

Lulusan jurusan ini juga bisa menjadi pebisnis dengan memanfaatkan ilmu dari masa kuliahnya, seperti sumber daya manusia dan pengelolaan bisnis. Selain itu, ilmu administrasi dan akuntansi pun juga sangat diperlukan bagi para pebisnis agar bisa menjadi sukses. Lalu, pebisnis juga dituntut untuk menjadi kreatif dalam membuat ide bisnis sesuai dengan keinginan masyarakat.

Universitas Jurusan Administrasi Bisnis

Adanya prospek kerja yang menjanjikan dari administrasi bisnis ini, membuat banyak universitas di Indonesia membuka jurusan tersebut. Apalagi ditambah dengan bertambahnya perusahaan yang ada di Indonesia, yang pastinya juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan administrasi bisnis. Lalu, adapun universitas yang memiliki jurusan ini, yaitu:

  • Universitas Sumatera Utara.
  • Unbraw (Universitas Brawijaya).
  • Universitas Telkom.
  • Unpad (Universitas Padjadjaran)
  • Universitas Katolik Parahyangan.
  • Universitas Riau.
  • Undip (Universitas Diponegoro).
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
  • Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.