Proses Bisnis Shopee adalah proses jual beli yang dilakukan dalam aplikasi Shopee. Banyak pengguna yang awalnya hanya sebagai konsumen saja mulai melakukan penjualan di marketplace ini.

Proses Bisnis Shopee, Bagaimana Caranya?

Tidak mengherankan, transaksi online yang dapat menjangkau pasar lebih luas diharapkan dapat memberikan penjualan yang lebih banyak. Kemudahan jual beli di marketplace dapat dirasakan ketika bertransaksi. Untuk mengetahui bagaimana proses ini berjalan, simak uraian berikut ini:

1. Penjual Login Terlebih Dahulu ke Akun Shopee

Untuk dapat menjual produk melalui Shopee, tentunya harus login di aplikasinya terlebih dahulu. Caranya adalah buka aplikasi Shopee, pilih login dengan nomor handphone. Masukkan nomor handphone terdaftar. Pada nomor handphone yang dimasukkan akan ada pesan yang berisi kode verifikasi. Pada kolom tersedia masukkan kode tersebut, dan pilih lanjut.

Selain lewat SMS, kode verifikasi dapat diterima melalui WhatsApp. Kode verifikasi ini hanya untuk sekali digunakan dan sifatnya rahasia. Bila dalam waktu yang ditentukan kode verifikasi belum diterima, dapat meminta ulang dengan cara mengklik kirim ulang.

2. Melengkapi Profil Penjual dan Toko

Setelah berhasil login, pengguna akan langsung berada pada beranda aplikasi Shopee. Untuk mulai proses bisnis Shopee pilih menu profil yang berada di paling bawah aplikasi sebelah kanan. Kemudian pilih mulai jual lalu klik tambah produk. 

3. Tambahkan Produk Baru

Untuk menambahkan produk yang akan dijual, siapkan foto produk terlebih dahulu. Foto yang digunakan haruslah jelas, dapat mendeskripsikan produk dalam bentuk visual. Jika sudah siap, isi data sebagai berikut:

  • Nama Produk, tuliskan nama produk yang dijual.
  • Deskripsi Produk, jelaskan produk dengan detail. Bahan, ukuran (dimensi), berat produk dan ketentuan lain yang ditetapkan penjual. Misalnya, cara tukar barang apabila ukuran tidak pas dan lainnya.
  • Pilih Kategori, penjual dapat memilih kategori yang ada dalam daftar sesuai dengan produk yang dijualnya. 
  • Produk Berbahaya, yang dimaksud adalah apakah produk yang dijual mengandung baterai/magnet/cairan/bahan mudah terbakar. 
  • Harga, cantumkan harga dalam rupiah penuh. 
  • Stok, tuliskan berapa banyak stok yang dimiliki.
  • Ongkos Kirim, pada bagian ini isikan berat produk.

Setelah semua terisi, pilih simpan. Maka produk sudah ada dalam sistem penjualan Shopee artinya penjual siap bertransaksi.

4. Konsumen Membeli Produk

Dalam proses ini, konsumen cenderung memilih belanja di toko yang mendapat komentar positif. Rating toko juga menjadi pertimbangan ketika menemukan barang yang sama dengan harga sama dari beberapa toko. Untuk mendapatkan kepercayaan ini tentunya, penjual harus jujur dengan barang yang dijualnya.

5. Pembayaran dari Konsumen dan Verifikasinya

Proses bisnis Shopee berikutnya adalah pembayaran konsumen atas produk yang dibelinya. Konsumen diberi banyak cara yang dapat dipilih untuk membayar produk yang dibeli berikut ekspedisi dan ongkos kirimnya. 

Setelah konsumen melakukan pembayaran, sistem akan memberitahukan pada penjual tentang hal tersebut. Namun, penjual belum menerima dana dari konsumen. Maka yang harus dilakukan penjual berikutnya adalah menyiapkan barang untuk dikirimkan sesuai dengan pesanan yang telah dibuat. 

6. Pengiriman Barang

Dalam proses ini, kurir dari jasa ekspedisi yang telah dipilih konsumen akan mengambil barang dari penjual sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Ada batas maksimal barang harus sudah dikirimkan dari penjual apabila melewati waktu tersebut, secara otomatis sistem akan membatalkan pesanan konsumen.

Lamanya pengiriman barang tergantung dari layanan ekspedisi yang dipilih konsumen. Untuk mengetahui barang pesanannya sudah sampai mana, konsumen dapat melacaknya di aplikasi Shopee yang digunakan. 

7. Pembayaran pada Penjual

Pada saat konsumen melakukan pembayaran, dana tersebut ditampung dalam rekening bersama yang diatur sistem Shopee. Dana tersebut akan ditransferkan ke rekening penjual setelah konsumen mengklik pesanan diterima dan tidak ada komplain. 

Mudahnya proses bisnis Shopee ini membuat penjual dan pembeli semakin nyaman dalam bertransaksi. Perbaikan dan pengembangan sistem yang semakin baik membuat pengguna aplikasi ini semakin banyak ditambah banyaknya promo yang dilakukan oleh penjual atau Shopee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.