Bagi siapa pun yang tertarik dengan jurusan manajemen bisnis, yakinlah bahwa jurusan tersebut sangat berguna. Namanya mungkin membuat orang berpikir bahwa pekerjaan lulusannya hanya akan fokus pada pengelolaan sebuah tim. Namun pada kenyataannya, prospek kerja manajemen bisnis sangatlah luas dan beragam. Hal itu karena jurusan ini memberikan landasan keterampilan serbaguna terkait berbagai bisnis.

Jurusan manajemen bisnis mengajarkan berbagai tugas administrasi, pemasaran atau bahkan akuntansi, serta bagaimana cara bekerja sama dengan tim. Selain itu, pada jurusan manajemen bisnis, mahasiswa juga akan diajari untuk mengembangkan keterampilan dalam mengelola bisnis atau organisasi dengan sukses. Jadi, apa saja prospek kerja jurusan manajemen bisnis? Silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

1. Manajer Marketing

Tugas seorang manajer marketing adalah mengidentifikasi pasar yang potensial untuk produk perusahaannya. Manajer marketing memperkirakan permintaan untuk produk tersebut dan mengawasi tim yang mengembangkan strategi untuk menarik konsumen dan memaksimalkan keuntungan. Pada beberapa keadaan, pekerjaan ini menuntut seseorang untuk bisa menjadi kreatif, seperti ketika bertukar pikiran untuk kampanye periklanan.

Mengawasi anggaran periklanan, mengelola hubungan dengan klien, serta meneliti trend pasar hanyalah beberapa hal yang mungkin dilakukan oleh manajer marketing. Banyak tanggung jawab di dalamnya yang melibatkan keterampilan bisnis yang tajam. Lalu seringkali pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk berempati dengan konsumen dan memahami apa yang mendorong orang untuk melakukan pembelian.

2. Financial Manager

Daripada berfokus pada investasi seperti seorang analis, financial manager lebih sering berurusan dengan kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Financial manager bertugas menyiapkan laporan keuangan, mengembangkan strategi untuk tujuan keuangan jangka panjang, serta mengawasi karyawan terkait penganggaran dan investasi.

Ada beberapa jenis financial manager. Beberapa di antaranya adalah pengontrol, bendahara, manajer kredit, dan masih banyak lagi. Seorang mahasiswa manajemen bisnis dapat memfokuskan diri pada topik seperti undang-undang pajak, audit, atau healthcare billing. Hal itu tergantung pada jenis manajemen keuangan yang ingin dimasuki.

3. Human Resource Manager atau Manajer HRD

Prospek kerja manajemen bisnis berikutnya adalah menjadi human resource manager atau yang biasa dikenal juga dengan manajer HRD. Manajer HRD bertanggung jawab untuk mengawasi semua aspek perekrutan karyawan, termasuk juga pemecatan, penggajian, pelatihan dan pengembangan, serta tata kelola nya.

Jadi, orang dengan pekerjaan ini sering bertanggung jawab untuk meneliti dan merekrut karyawan, serta mengoordinasikan wawancaranya. Kemudian setelahnya, manajer HRD juga akan menangani penggajian, tunjangan, dan mungkin bertanggung jawab atas program insentif jika perusahaan menawarkannya.

4. Analisis Manajemen

Analis manajemen berwenang mengusulkan cara untuk meningkatkan efisiensi organisasi. Selain itu seorang analis manajemen juga bertugas menasehati manajer tentang bagaimana membuat organisasi lebih menguntungkan melalui pengurangan biaya dan peningkatan pendapatan. Orang dengan jabatan ini mungkin bekerja dengan satu departemen atau seluruh perusahaan untuk melihat bagaimana karyawan yang berbeda jabatan bekerja sama.

5. Sales Manager

Sales manager bertanggung jawab untuk menghubungkan pelanggan dengan produk. Namun tidak seperti sales representative, sales manager lebih memperhatikan seluruh proses penjualan saat sedang mengawasi pekerjaan seluruh tim penjualan. Seorang sales manager bertugas menetapkan tujuan, menganalisis data untuk mengidentifikasi cara meningkatkan efisiensi, serta memantau kepuasan pelanggan.

Seringkali, sales manager juga ditugaskan untuk mengembangkan rencana guna memenuhi kuota atau target penjualan. Jadi, orang dengan pekerjaan ini dapat mempengaruhi tingkat diskon atau taktik promosi lainnya. Seperti yang diketahui banyak orang, pekerjaan ini biasanya membutuhkan pengalaman penjualan yang luas.

Itulah 5 prospek kerja manajemen bisnis. Sebenarnya prospek kerja dari jurusan ini masih amat banyak serta tidak dapat dijelaskan semuanya. Hal itu karena manajemen bisnis akan mengajarkan banyak keterampilan dasar yang serbaguna dalam urusan bisnis. Setiap hari jumlah perusahaan semakin banyak dan terus berkembang di berbagai bidang. Itulah ladang pekerjaan bagi lulusan manajemen bisnis.

Kata Kunci Pencarian
manajemen bisnis prospek kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.