Komunikasi menjadi salah satu unsur terpenting di bidang bisnis. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis, setiap orang harus saling bekerja sama dan memberikan informasi bisnis. Dalam dunia bisnis hal ini disebut dengan komunikasi bisnis. Tujuan komunikasi bisnis pada umumnya adalah memperlancar kegiatan bisnis yang dijalankan.

Bentuk komunikasi bisnis ini cukup beragam, mulai dari bentuk komunikasi antar pegawai atau internal, komunikasi antar rekan kerja, dan komunikasi eksternal. Meskipun memiliki banyak bentuk komunikasi, tapi tujuan dan manfaat komunikasi bisnis ini tetaplah sama. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang tujuan dan manfaatnya:

Tujuan Komunikasi Bisnis

Apakah komunikasi bisnis ini perlu dilakukan? Komunikasi bisnis ini perlu dilakukan untuk mencapai tujuan komunikasi bisnis. Kegiatan bisnis bisa semakin lancer jika tujuan dari komunikasi bisnis ini sudah terlaksana. Berikut ini terdapat 3 tujuan dari komunikasi bisnis:

1. Bertukar Informasi Bisnis

Tujuan yang pertama adalah untuk bertukar informasi bisnis baik antar sesama karyawan, rekan kerja maupun calon konsumen. Karena pada umumnya semua orang berkomunikasi memang untuk saling berbagi informasi yang diketahui, begitu juga dalam dunia bisnis. Bedanya dalam dunia bisnis, informasi yang diberikan tentu saja berhubungan dengan bisnis.

Informasi yang disampaikan harus jelas, terutama jika informasi tersebut merupakan produk bisnis. Oleh karena itu seluruh karyawan harus mendapatkan informasi yang sama agar informasi tersebut bisa diteruskan ke calon konsumen. Contohnya seseorang memberikan penjelasan tentang produk bisnis yang dijual. Informasi yang diberikan bisa berupa harga, spesifikasi, kelebihan dan informasi detail lainnya.

2. Meyakinkan Orang Lain

Selain untuk bertukar informasi, tujuan lainnya adalah untuk meyakinkan orang lain atau yang sering disebut dengan persuasi. Jadi sebagai pebisnis, seseorang harus bisa meyakinkan orang lain, baik untuk bekerja sama ataupun menarik perhatian calon konsumen melalui komunikasi.

Contohnya adalah jika ingin menawarkan produk bisnis kepada calon konsumen oleh pihak marketing. Pastikan untuk meyakinkan calon pembeli dengan memberikan penawaran serta pelayanan terbaik. Karena jika hanya melihat produk saja belum tentu semua orang akan langsung tertarik. Dengan berkomunikasi dan meyakinkan orang lain, tentu bisa membuat orang lain jadi lebih tertarik.

3. Menjalin Kerja Sama dengan Orang Lain

Tujuan yang terakhir adalah untuk menjalin kerja sama atau sering disebut dengan kolaborasi. Hal ini dilakukan jika pebisnis sedang mengembangkan bisnis dan ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Kerja sama ini bisa dalam bentuk membuat kolaborasi produk, kolaborasi promosi dan lainnya.

Contohnya jika ada perusahan make up yang ingin bekerja sama dengan perusahaan makanan. Yang paling sering dilakukan adalah menciptakan produk make up dengan menggunakan gambar kemasan makanan. Untuk menjalin kerja sama ini, tentu pihak pertama harus berkomunikasi dengan baik agar bisa mencapai kesepakatan untuk bekerja sama.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Selain untuk mencapai tujuan, komunikasi bisnis juga dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya. Dalam komunikasi bisnis, terdapat dua jenis manfaat yang akan didapatkan, antara lain:

1. Manfaat Internal

Manfaat yang akan dirasakan oleh pihak internal dari perusahaan seperti karyawan disebut dengan manfaat internal. Jika komunikasi bisnis bisa berjalan dengan baik, terutama antar karyawan, maka bisnis akan berjalan dengan baik. Baik dari kerja sama, kepercayaan, dan manajemen tentu akan menjadi lebih baik jika setiap karyawan tetap berkomunikasi dengan baik.

2. Manfaat Eksternal

Jika menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, maka terdapat manfaat eksternal dari komunikasi bisnis. Contohnya adalah partner bisnis dan calon konsumen. Jika komunikasi bisnis berlangsung dengan baik, maka proses kerja sama dengan partner bisnis dan calon konsumen tentu akan berlangsung dengan baik juga.

Itulah sedikit penjelasan tentang tujuan komunikasi bisnis beserta manfaatnya. Setelah mengetahui tujuan dan manfaatnya, jadi lebih mengetahui pentingnya komunikasi bisnis ini dilakukan. Yang terpenting semua pihak yang terlibat dengan bisnis tentu harus saling berkomunikasi demi lancarnya bisnis yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.